LSM dan Ormas Motor Penggerak Kondusifitas Daerah

PEMBANGUNAN yang berkelanjutan tidak cukup hanya menjadi peran pemerintah saja, namun keterlibatan langsung masyarakat dalam sejumlah aksi juga menjadi harapan terwujudnya pembangunan.

Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M.Si, saat memberikan arahan pada kegiatan Penguatan Mutu Ormas, Organisasi Profesi, dan LSM yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kuningan, di Aula Wisma Pepabri, Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, Rabu (3/8/2022).

Wabup Ridho mengatakan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), merupakan wadah partisipasi masyarakat yang didirikan secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, maupun tujuan. Oleh karena itu menurutnya, LSM dan Ormas memiliki peran strategis sebagai mitra pemerintah dalam menggerakkan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

“Pembangunan tidak mungkin dilakukan sendiri oleh pemerintah. Dibutuhkan partisipasi dan dukungan seluruh elemen, termasuk LSM maupun Ormas,” ujar Wabup.

Masih dikatakan Wabup, sebagai organisasi maupun lembaga yang hidup dan berkembang di Indonesia, dalam setiap gerak dan aktivitasnya, LSM dan Ormas harus menjunjung tinggi Pancasila serta azas yang berlaku di masyarakat berupa budaya, adat, dan etika.

“Hal ini berlaku pula dalam setiap menyampaikan pendapat, masukan, maupun kritikan terhadap suatu permasalahan. Semua proses tersebut membutuhkan penyampaian yang baik dan sesuai dengan ketentuan hukum serta nilai yang berlaku dalam masyarakat,” ucapnya.

Menurut Wabup, kunci kesuksesan pembangunan Ormas/LSM sebagai wadah aspirasi masyarakat yang santun dan beretika adalah dengan cara menjalin komunikasi baik.

“Jalinlah komunikasi sebaik mungkin, agar kritik maupun masukan dapat tersampaikan dengan tetap menjaga kondusifitas, karena sangat dibutuhkan dalam proses berlangsungnya suatu pembangunan,” tuturnya.

Wabup Ridho berharap, dengan hadirnya LSM dan Ormas, dapat menjadi mitra strategi pemerintah daerah dalam pembangunan, dan menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan daerah.

“Saya mengajak, seluruh LSM dan Ormas yang ada di Kabupaten Kuningan untuk terus menjalin komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah, serta selalu menjaga keamanan, ketentraman, dan kedamaian demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera selaras dengan visi KUNINGAN MAJU (Makmur, Agamis, Pinunjul Berbasis Desa Tahun 2023),” paparnya.

Kegiatan diikuti 54 LSM, Ormas dan dihadiri Kepala Bakesbangpol Kab. Kuningan DR. H. M Budi Alimudin, SE., M.Si beserta jajaran. (H WAWAN JR).

dialogpublik.com