Lomba Burung Berkicau Diguyur Hujan

PENGGEMAR burung berkicau di Kuningan Jawa Barat, akhir-akhir ini kian marak bahkan setiap minggu diadakan latihan bersama (Latber). Lokasi ‘Latber’ tersebar dibeberapa titik,  di Gunungkeling, Mancagar Garawangi, Pesona Alam de Mountain, Taman Alam Asri dan beberapa titik ‘Latber’ lainnya. Bahkan event Nasional pernah digelar di halaman parkir gedung Perundingan Linggarjati tahun silam.

Antusias penggemar burung ini terlihat saat ‘kongkur’ (istilah lomba burung) berlangsung seperti di lokasi Pesona Alam pekan kemarin (1-3/2/2019).

Ratusan peserta memanfaatkan event tersebut, meski hujan mengguyur tak menghentikan langkah mereka ke lokasi lomba. Sebagian membawa mobil/R4 dan mayoritas bawa motor/R2 sambil  menggendong sangkar burung.

Latber kali ini menurut Ketua Panitia Asep Unoy, tujuannya untuk menyalurkan hobi burung maniak, sekaligus sebagai ajang silaturahmi sesama penggemar dan melatih sampai sejauh mana ‘skill’ suara maupun mental burung tersebut.

“Kami sebagai Panitia dan Tim Juri tidak melihat burung punya siapa ? Yang pasti kami netral/’fair fly”, ,terangnya disela-sela acara.

“Kongkur kali ini diikuti oleh 236 peserta dengan menampilkan 13 kategori antara lain, jenis burung Muray, Love Bird, Kacer. Pleci, Jalak Ijo, Suren, Kenari, Anis merah Dan Murai batu”, papar Asep.

Jumlah peserta biasanya lebih dari 500 peserta dengan berbagai jenis kategori dan hadiahnya juga berbeda bilamana event Lomba Burung Berkicau ini level Jawa Barat atau level Nasional.

“Peserta yang burungnya meraih suara terbaik, mendapat Plakat, Piagam dan doorprize menarik dari Pakan Aboy Jaya, Warung Unyil dan donatur yang peduli”, pungkas Asep.(H WAWAN JR)

dialogpublik.com