Liburan Akhir Tahun, Ribuan Wisatawan Serbu Destinasi Wisata Kuningan

PULUHAN ribu wisatawan domestik dari berbagai kota jelang akhir tahun 2019 ini, membanjiri destinasi wisata Kuningan yang tersebar di 60 titik lokasi wisata. Antrian kendaraan ‘padat merayap, baik R4 dan R2 tak dapat dihindari. Kemacetan terjadi terutama dijalur Kuningan-Cirebon dan di sejumlah titik lokasi wisata seperti dipertigaan Linggarjati, Sangkanurip, dan Cibulan Jalaksana. Bahkan wisata alam di kawasan Palutungan tak luput dari serbuan wisatawan domestik.

Sekitar 2500 roda dua dan R 4 dari berbagai daerah Jawa Barat, dan daerah lainnya, memadati wilayah ini hingga antrian kendaraan ‘mengular’, Membanjirnya wisatawan domestik itu terpantau dari kawasan utara sampai Kuningan Selatan, hingga praktis Tim gabungan Polres, Dishub, dan Koramil dibantu Orari sibuk mengatur lalu lintas.

Kadis Pariwisata Kab Kuningan Drs Jaka Chaerul mengatakan, potensi destinasi wisata Kab Kuningan perkembangannya cukup menggembirakan. Selain wisata yang sudah ada juga bermunculan lokasi wisata baru termasuk puluhan obyek desa wisata yang tersebar di sejumlah kecamatan, papar dia saat diwawancarai di Palutungan, Selasa (31/12/2019).

Wisata domestik di wilayah Kuningan utara membanjiri Talaga Remis, Kebun Raya, Cicerem/Telaga Biru, Batu Luhur Bukit Seribu Bintang dan Buper Pasawahan. Berikutnya obyek wisata yang tetap jadi primadona yakni, kawasan wisata J & J, Linggarjati Indah, Gedung Perundingan Linggarjati, Curug Si Domba di desa Peusing, Aqua Park Bandorasa Wetan, kawasan Air panas Sangkanurip, kolam Renang Zamzam di Manislordan ‘Sumur tujuh’ di Cibulan desa Maniskidul.

Sementara itu, kawasan wisata alam di kaki gunung Ciremai yaitu, Bumi Pelangi, Buper Palutungan, Sukageri View, Curug Putri, Talaga Surian, Jurang Landung, Cilengkrang, Tenjo Laut, Ipukan, Curug Bangkong dan obyek wisata Waduk Darma di kuningan selatan, meski saat ini tengah direnovasi, arus pengunjung terus mengalir. Begitupun kolam renang Sanggar Riang Kuningan, kolam renang Cigugur, Water boom Pesona Alam Gunungkeling,kolam renang Luragung dan wisata air panas desa Subang tak luput dari wisatawan lokal.

“Alhamdulillah arus pengunjung ke obyek wisata J & J cukup ramai. Pengunjung tertarik pesawat Helikopter jenis Bell 100 dan Foker 105, untuk berselfiria”, tutur H Kiki.

Sementara itu, “obyek wisata Linggarjati Indah, meski terbilang usianya sudah puluhan tahun, tak kalah bersaing dengan obyek wisata yang baru. Tetap eksis meski jumlah pengunjung semakin menurun jika dibanding obyek wisata yang baru”, terang H Toto didampingi Odji pengelola Lj.

“Kami senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan dengan melengkapi sarana prasarana dan peningkatkan fasilitas bagi para pengunjung”, imbuhnya. (H WAWAN JR)

dialogpublik.com