Kwarcab KBB Dukung Jum’at Bersih, Dalam Menyongsong Hari Jadi

PROGRAM Jum’at Bersih (Jumsih) yang digulirkan Pemkab Bandung Barat dalam menyongsong Hari Jadi KBB ke-12, ditindaklanjuti oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka setempat. Beberapa hari sebelumnya, Kwarcab Gerakan Pramuka KBB mengeluarkan Surat Edaran pada seluruh kwartir ranting (kwaran) agar melakukan bersih-bersih, termasuk penggunaan pakaian pramuka pada setiap tanggal 14, sesuai intruksi Bupati Bandung Barat.

Tepat pada Jum’at (14/6/2019) seluruh Kwaran Pramuka se-KBB kompak terjun ke lapangan untuk memungut sampah atau sekedar membersihkan rumput di sekitarnya. Mereka lengkap berseragam dan atribut pramuka, sesuai intruksi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka KBB Aseng Djunaedi “Saya intruksikan seluruh anggota pramuka yang ada di KBB agar berpartipasi turun ke jalan untuk melaksanakan program Jumsih. Alhamdulillah, secara serempak di masing-masing wilayahnya para anggota kami ikut mendukung program Pak Bupati ini,” ujar Aseng Djunaedi.

Ia bersyukur para kwaran resfonnya cukup tinggi terhadap program Jumsih tersebut. Rata-rata per kwaran menerjunkan 200-an anggotanya yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Bahkan di Kwaran Cikalongwetan menerjunkan anak-anak Pra Siaga, untuk ikut bersihkan lingkungan. Hal itu tentunya sangat positif sebagai Pendidikan sejak dini pada anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Program Jumsih tersebut sambung Aseng sebenarnya hanya salah satu implementasi dari gerakan pramuka yang peduli lingkungan. Masih banyak program pramuka lainnya, yang telah dan akan dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Imbuhnya.

Sejalan dengan program Jumsih, Kwarcab Gerakan Pramuka KBB telah mencanangkan program Pramuka Peduli Lingkungan, Lihat Sampah Ambil (Pepeling Lisa) dan dilanjutkan dengan gerakan menanam Satu Anggota Pramuka, Satu Pohon (Sasapon).

“Kita punya beberapa program untuk menjaga lingkungan. Kalau Jumsih kali ini, tentunya untuk mendukung program KaMabicab (bupati) untuk mewujudkan Bandung Barat Bersih, Caang, Indah dan Bahagia,” pungkasnya. (tres)

Categories: Regional

Tags: ,

dialogpublik.com