Kota Bandung Terima 20.000 Masker Dari Sister City Suwon

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker jenis KF94 atau KF80 sebanyak 20.000 masker dengan nilai Rp296.712.000. Bantuan tersebut berasal dari sister city, Kota Suwon, Korea Selatan.

Bantuan masker simbolis diberikan oleh Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bandung, Duddy Prayudi dan diterima langsung Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Oded M. Danial.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Bandung sekaligus Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Kepala Disdagin/ koordinator Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Elly Wasliah.

Pada kesempatan itu, Oded menghaturkan terima kasih atas kolaborasi dan perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Suwon untuk Pemkot Bandung dalam upaya menekan pertumbuhan pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah, Pemkot Bandung kembali mendapatkan bantuan masker. Kali ini dari Kota Suwon. Mudah-mudahan ini dapat membantu Pemkot Bandung menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung,” ungkap Oded saat menerima bantuan masker secara simbolis di Balai Kota Bandung, Selasa (22/9/2020).

Kota suwon merupakan Sister City (Kota Bersaudara) sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerja Sama Kota Bersaudara pada 25 Agustus 1997 lalu.

Oded memastikan, Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung akan menginventarisir data permohonan dan menyalurkan bantuan sesuai mekanisme dan ketersediaan masker.

“Nanti secepatnya akan menyalurkan masker tersebut. Disesuaikan dengan permohonan dan data yang diterima sesuai dengan kebutuhan dan mekanisme tertib administratif,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bandung Duddy Prayudi mengatakan bahwa Bantuan ini didasari atas kerja sama sister city antara Pemerintah Kota Suwon dengan Pemkot Bandung.

“Pemkot Suwon berinisiasi untuk memberikan bantuan masker kepada Kota Bersaudara atau sister city di seluruh dunia berupa masker. Alhamdulillah Kota Bandung mendapatkan 20.000 masker,” tuturnya.

Duddy menambahkan, seluruh proses administrasi dan biaya pengiriman masker menjadi tanggung jawab Pemkot Suwon.

“Pemkot Bandung hanya menerima bantuan saja, Seluruh proses administrasi dilakukan oleh Pemkot Suwon. Kita berkoordinasi dengan Bea Cukai,” Katanya.

Tak hanya masker, ia pun berharap, ke depannya ada beberapa sister city yang dapat memberikan bantuan APD lainnya untuk kebutuhan penanganan Covid-19 di Kota Bandung. (dan)**

Categories: Pemerintahan

dialogpublik.com