Komunitas Sepeda “Tour de Ciremai” Akhir Tahun 2019

KEBERSAMAAN sesama komunitas sepeda serta  mendukung destinasi wisata,  komunitas sepeda wilayah III Cirebon, dan Ikatan Sepeda Sehat Kuningan  (ISSK) akan menggelar gowes bareng (Gobar) “Tour de Ciremai” akhir tahun.

“Gowes mengelilingi Gunung Ciremai ini  sudah jadi tradisi ‘gobar’ dan merupakan agenda akhir tahun, tutur Ketua Ikatan Sepeda Sehat Kuningan (ISSK) Jono, SE saat diwawancarai melalui selulernya Rabu (25/12/2019).

Rombongan komunitas ISSK Kuningan tutur dia, start dari Taman Kota Kuningan pukul 06.30 dan rombongan komunitas sepeda Cirebon, start pukul 05.30 WIB dari kawasan Ciperna, Minggu pagi 29 Desembar 2019).

Jono menambahkan, peserta yang ikut Tour De Ciremai, wajib mentaati tata tertib demi menjaga  keselamatan bersama.

Peserta harus siap fisik dan mental,  Cek/service sepeda sebelum touring dan diwajibkan memakai helm sepeda, serta kelengkapan sapety touring seperti, kostum, kacamata, sarung tangan, jas hujan dan obat-obatan.

“Route TDC ini menempuh jarak 102 KM dengan route menyisir desa-desa dikaki gunung Ciremai”, terang Jono.

Sedangkan route peserta dari Cirebon, start di jalan raya Ciperna, pada hari Minggu (29-12) pukul 05.30 WIB menuju arah Kuningan, Darma, Cipulus, Ciinjuk, Citaman, Panyaweuyan, Argalingga, Cikaracak, Pajajar, Rajagaluh, Sumber dan finish di kota Cirebon dengan estimasi  jarak tempuh sejauh 150 KM.

Sementara itu, Sekda Kab Kuningan DR H Dian RY saat diwawancarai disela kesibukannya Rabu (25/12-2019), menyambut baik dan mengapresiasi giat gowes TDC yang di-gagas komunitas sepeda.

“Melalui giat TDC ini tentunya banyak kebaikan dan  manfaat yang diperoleh seperti : tubuh lebih sehat, kebugaran, mengurangi polusi, hemat bahan bakar, dan ajang silaturahmi komunitas sepeda untuk menjalin komunikasi”, tutur Dian yang kerap bersepeda tiap hari Jumat dikala santai tak ada kesibukan kantor.

“Bersepeda akhir-akhir ini semakin trend dan sebagai lifestyle untuk masyarakat yang ingin adanya keseimbangan antara jasmani dan rohani”, ujarnya.(H WAWAN JR)

dialogpublik.com