Kesbangpol KBB memutuskan untuk melakukan quick count pada Pemilu 2024

UNTUK memiliki pegangan sendiri dengan data yang akurat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memutuskan untuk melakukan quick count atau perhitungan cepat independen dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Langkah ini diambil untuk memastikan kredibilitas dan independensi dalam pelaporan hasil kepada Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Politik Dalam Negeri (Poldagri) Bakesbangpol KBB, Didin Suhendar, Kamis (08/02/224) di-Ngamprah.

Lebih lanjut Didin , quick count ini akan dilakukan dengan menggunakan aplikasi Sipantau yang terkoneksi langsung dengan Bakesbangpol Jabar. Kesbangpol KBB tetap menjalin koordinasi dengan berbagai pihak terkait seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfotik), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Dinas Perhubungan (Dishub) guna meminimalisir kemungkinan miss komunikasi,”jelasnya.

Dalam persiapan teknis, Kesbangpol KBB juga telah berkoordinasi dengan Dinas Kominfotik untuk memastikan kelancaran jaringan internet, mengingat beberapa daerah masih memiliki masalah “blank spot” dalam konektivitasnya. “Kami meminta tambahan kekuatan jaringan agar proses pemungutan suara berlangsung lancar dan aman,” jelas Didin

“Waktu pelaksanaan pencoblosan tingl beberapa hari lagi, kami meminta ke Dinas Kominfotik agar jaringan di daerah (Kabupaten Bandung Barat) aman. Karena yang saya ketahui dari para PPK ada beberapa daerah yang blank spot,” pungkasnya.(trs)

dialogpublik.com