Kantor UPT Pembibitan Dispangtan Bakal Jadi Sarana Edukasi

DINAS Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung akan menjadikan lingkungan Kantor UPT Pembibitan Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP), Jalan Cigagak Wetan, Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung menjadi kawasan edukatif. Kawasan yang terdapat sejumlah pohon dan pembibitan pohon produktif ini bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan tentang lingkungan hidup.

Kepala Dispangtan Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar mengatakan, warga bisa menikmati rindangnya kawasan Kantor UPT Pembibitan TPHP. Tak hanya itu, tanaman yang ada bisa menjadi wahana edukasi bagi warga khususnya anak-anak.

“Jadi, secara fasilitas bisa dimanfaatkan sebagai kantor. Namun secara manfaat juga bisa dirasakan dan dilihat semua orang, terutama masyarakat yang akan menikmati,” ujarnya, Kamis (26/12/2019).

Menurut Gin Gin, Kantor UPT Pembibitan TPHP tersebut merupakan masa depan Dispangtan. Pasalnya tidak mudah membangun wilayah tersebut agar hijau kembali.

Saat di UPT Pembibitan TPHP, Gin Gin juga melaksanakan penanaman pohon. Selain penaman pohon, dilakukan juga pemberian bibit kopi dan jeruk, serta pengumuman Kecamatan terbaik penyelenggaraan Bandung Menanam Jilid I, yakni Kecamatan Arcamanik, Cibiru, dan Cidadap.

“Ini merupakan rangkaian Bandung Menanam Jilid I pada 21 November 2019 lalu, saya mengapresiasi atas inisiatif penyelenggaraan kegiatan hari ini. Saya merasa bangga dan senang,” katanya.

“Kami apresiasi untuk semua Kecamatan, terlebih untuk tiga kecamatan tersebut yang dinilai memiliki motivasi lebih terhadap program ini, termasuk Kecamatan Ujungberung yang menerima bibit kopi,” ucap Gin Gin.

Perlu diketahui, Dispangtan Kota Bandung pada tahun ini telah menanam sekitar 12.500 pohon. Rencananya, penanaman pohon akan dilaksanakan rutin setiap tanggal 21 per 3 bulannya.(***)

dialogpublik.com