Jelang Imlek, Polres Majalengka Melakukan Sterilisasi di Vihara

UNTUK memastikan keamanan menjelang Imlek aparat Kepolisian Resor Majalengka melakukan sterilisasi di sejumlah vihara menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2570 – 2571 yang dirayakan sebagian besar etnis Tionghoa di Kabupaten Majalengka.

“Hari ini penyisiran di vihara dengan melibatkan sejumlah personel untuk menyambut perayaan Tahun Baru Imlek yang jatuh pada Sabtu (25/1/2020),” kata Kapolres Majalengka AKBP Mariyono, S.I.K., M.Si, Jumat (24/1/2020) sore.

Menurutnya, penyisiran dilakukan mulai dari luar ruangan dan di dalam vihara, bahkan sudut-sudut vihara juga tidak luput dari penyisiran personel Sabhara Polres Majalengka untuk memastikan bahwa vihara dan sekitarnya aman dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sterilisasi vihara dilakukan untuk menambah keamanan dan kenyamanan umat karena sebagian besar warga keturunan Tionghoa akan melakukan ibadah”, ujarnya

Lanjut dia mengatakan, perayaan Imlek mendapat atensi khusus seperti halnya perayaan lainnya karena setiap perayaan keagamaan di Majalengka harus berjalan aman, lancar, tertib dan kondusif.

Kegiatan sterilisasi vihara adalah wujud nyata pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian kepada seluruh elemen masyarakat tanpa terkecuali, sehingga warga etnis Tionghoa bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan aman di vihara tersebut,

Hasil sterilisasi tidak ditemukan barang-barang yang mencurigakan, namun aparat kepolisian tetap akan waspada dan siaga dengan menempatkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah vihara di Kabupaten Majalengka.

AKBP Mariyono menambahkan Polri adalah institusi yang profesional, sehingga personel kepolisian akan senantiasa menjaga masyarakat tanpa pandang bulu, karena Polri juga bertanggung jawab atas keselamatan jiwa raga dan hak asasi manusia setiap warga negara, sehingga diharapkan Kabupaten Majalengka selalu dalam keadaan kondusif, mengingat tahun ini juga merupakan tahun politik.

“Selain sterilisasi, Polres Majalengka akan menyiagakan personel pengamanan vihara diwilayah Kabupaten Majalengka dengan jumlah 102 personel untuk menjaga keamanan dan kenyamanan umat dalam menjalankan ibadah dan berdoa untuk pergantian Tahun Baru Imlek 2570 – 2571, pungkasnya.(Soni Fadli)

Categories: TNI/POLRI

dialogpublik.com