Ini dia, 4 kuliner khas Purwakarta yang Enak, Murah dan Memuaskan

LIBURAN di sebuah tempat wisata belum tuntas rasanya kalau belum mencicipi sajian kuliner khasnya. Ada cerita atau pengalaman yang dibagikan kepada teman atau keluarga dan dapat dijadikan referensi jika kita bisa menjajal berbagai macam kuliner khas daerah tersebut.

Salah satu daerah wisata yang harus Anda coba adalah Purwakarta. Selain keindahan alam yang luar biasa dan beragam, sajian kuliner menggugah selera juga telah menjadi daya tarik yang berhasil mengundang datangnya wisatawan baik cari domestik maupun mancanegara.

Berikut ini 4 kuliner khas Purwakarta yang wajib Anda coba

  1. Es Ciming
1
Image : travelingyuk.com

Salah satu jenis minuman yang harus Anda coba di cuaca panas kota Purwakarta adalah es ciming. Es ini telah melegenda dan terkenal di berbagai penjuru kota di Indonesia.

Es ciming merupakan semacam es campur yang saat ini masih sangat laris dan dicari di Purwakarta. Lelaki Tionghoa yang disapa Ko Ciming ialah peracik awal es tersebut. Dulu es ciming dinamai es shanghai, tapi nama es ciming lebih terkenal saat ini

Es ciming ini hampir sama dengan tampilan es serut pada umumnya. Akan tetapi, rasanya yang berbeda menjadi resep yang tidak bisa kita lewatkan begitu saja. Sensasi rasa dari campuran kacang hijau, cendol, kelapa, jelly, dan potongan cincau membuat rasa es ini enak banget.

  1. Surabi Kedai Koka
2
Image : putratravel.net

Di Purwakarta, banyak pilihan tempat makan untuk menikmati surabi. Surabi pada umumnya disiram dengan kuah kental manis, yang biasanya disebut kinca, untuk menambah cita rasa. Namun ada satu tempat yang terkenal dengan sajian surabinya yang berbeda, yaitu Kedai Koka. Kuliner enak khas Purwakarta ini ditaburi dengan irisan keju yang membuat Anda semua tergiur saat melihatnya. Taburan kejunya juga sangat banyak.

Hidangan yang disediakan Kedai Koka antara lain surabi manis, surabi asin, dan pisang bakar. Untuk surabi manisnya memiliki banyak varian rasa, antara lain rasa keju susu, cokelat, susu, sampai dengan spesial. Untuk pilihan rasa surabi asin, antara lain telur keju, ayam, oncom spesial, telur, ayam keju, dan sosis.

Bagi Anda yang sedang menikmati waktu bersantai di Purwakarta, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri mampir ke Kedai Koka dan mencoba surabi khas yang rasanya enak dan gurih ini.

  1. Mie Sehat 3 Warna

3Salah satu kuliner yang ada di daerah Purwakarta adalah Mie Pelangi 3 warna yang berlokasi di dekat Situ Cikumpay Kecamatan Campaka Purwakarta. mie Sehat 3 Warna Pelangi tidak berlokasi dipinggir jalan raya melainkan masuk ke dalam sekitar 100 meter, dan terletak persis di seberang Situ Cikumpay atau 100m dari Balai Desa Cikumpay

Ciri khas dari mie tersebut adalah penggunaan pewarna alami, seperti wortel, sosin, akar bit, dan buah naga, bukan menggunakan pewarna kimia. Warna mie juga terlihat biasa saja, tidak mencolok seperti kalau menggunakan pewarna kimia.

Rasa Mie 3 Warna ini sedikit padat dan kenyal, tetapi teksturnya lembut dan bumbunya juga terasa sehingga tetap bisa dinikmati tanpa saus dan kecap. Tidak ada salahnya apabila mencoba Mie Sehat 3 warna tersebut, dijamin deh bikin ketagihan.

  1. Pepes Rumah Makan Ibu Ani
4
Image : nguliner.files.wordpress.com

Rekomendasi selanjutnya adalah untuk yang suka dengan pepes. Sajian kuliner ini akan membuat Anda heran, karena harganya yang murah mulai dari 2 ribuan dan rasanya yang enak. Anda dapat menemukannya di Rumah Makan Pepes Bu Ani. Bukan hanya pepes ikan saja, tetapi juga ada pepes jambal, cumi, belut, ikan mas, lele, jamur. Selain itu menu lain yang juga jadi favorit pengunjung adalah ikan baby, yakni ikan mas kecil yang digoreng garing. Rasanya sangat renyah. Satu porsi ikan baby ini harganya 10 ribu Rupiah.

Lokasi rumah makan ini berada di Jalan Ir. H. Cilegong, Jatiluhur, Purwakarta. Jangan sampai kehabisan pepesnya, ya! Pepes Bu Ani tutupnya hanya sampai pukul 19.00 WIB saja.

Ayo, Jelajahi keindahan alam Purwakarta sambil menikmati sajian kulinernya yang murah dan memuaskan. (ADV)

Categories: Ragam

dialogpublik.com