Ingatkan Tradisi Indonesia, Pandawa Lima Hadir di TPS 005

KOTA Bandung memang dikenal sebagai Kota Kreatif. Bahkan saat Pemilihan Umum (Pemilu) warga Kota Bandung pun tetap berkreasi.

Tempat Pemungutan Suara (TPS) 005 RW 02 Kelurahan Garuda Kecamatan Andir jadi salah satu buktinya. Di TPS ini, Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa menjadi petugas. Ya, para petugas menggunakan kostum Pandawa Lima.

Dalam kisah Mahabarata, Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa dikenal sebagai Pandawa Lima. Tak hanya berkostum wayang, TPS 005 juga dihiasi ornamen-ornamen wayang.

“Kebetulan kami dapat nomor TPS, 005. Lalu kami mencari kaitannya dengan angka 005. Akhirnya setelah berdiskusi memutuskan tema Pandawa Lima dengan ornamen-ornamen tradisional wayang”, ucap Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS ini, Muhammad Zaki.

Menurut Zaki, tema Pandawa Lima juga sekaligus memperkenalkan dan mengingatkan kembali kepada Generasi Milienial dan Generasi Z tentang budaya Indonesia.

“Kita juga ingin memperkenalkan budaya Indonesia ke warga sekitar yang mungkin sudah lupa dan tidak tahu,” tuturnya.

“Semoga tema ini bisa menarik minat masyarakat untuk memberikan hak pilihnya pada Pemilu tahun 2024,” imbuh Zaki.

Warga yang menyalurkan hak suaranya di TPS 005 pun mengaku sangat senang dan antusias dengan tema Pandawa Lima. Beberapa warga mengabadikan momen bersama keluarganya di depan ornamen-ornamen wayang dengan berfoto.

Salah satu pemilih tetap Sudrajat di TPS 005 yang sedang asik bermain wayang bersama kedua cucunya.

“Ini sangat menarik sekali, terutama memperkenalkan dan mempertahankan kebudayaan Indonesia. Anak-anak juga suka banget dan happy,” Sudrajat. (mis)

dialogpublik.com