Idulfitri : Kemenangan Untuk Kita Semua

IDULFITRI adalah Hari Raya bagi seluruh umat muslim di dunia yang jatuh pada 1 Syawal dalam penghitungan kalender Islam (Hijriah). Adanya perbedaan penghitungan tanggal antara kalender Masehi dengan Hijriah menyebabkan perayaan Idulfitri selalu berbeda tiap tahunnya.

1 Syawal adalah tanda berakhirnya Ramadan sekaligus mengakhiri ibadah puasa selama sebulan penuh. Idulfitri merupakan momentum umat muslim merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa.

Awal pagi hari, umat muslim disunahkan untuk melaksanakan Salat Idulfitri atau biasa disebut Salat Id.

Adapun pada malam hari sebelum sampai menjelang Salat Id, kemudian disambung malam hari sesudah Salat Id, umat muslim mengumandangkan takbir menyerukan kebesaran Allah.

Menjelang Salat Id dimulai, umat muslim diwajibkan untuk membayar Zakat Fitrah yang terdiri dari bahan pangan pokok. Lalu, setelah Salat Id, imam akan menyampaikan khotbah dan diakhiri dengan saling bermaaf-maafan antar umat muslim.

Di kalangan umat muslim Indonesia, Idulfitri merupakan hari raya utama. Momentum Idulfitri dijadikan umat muslim Indonesia untuk berkumpul kembali dengan keluarga. Umumnya, sejak sepuluh hari sebelum Hari Raya, umat muslim Indonesia sudah mempersiapkan perayaan hari raya ini. Salah satunya adalah dengan pulang ke kampung halaman atau biasa dikenal dengan mudik.

Hari Raya Idulfitri di Indonesia menjadi hari libur nasional. Biasanya, penetapan hari raya ditetapkan oleh pemerintah. Idulfitri juga dikenal dengan istilah Hari Lebaran, dimana para perantau di kota-kota besar pulang kampung atau mudik.

Kota Bandung sebagai kota metropolitan yang tiap tahunnya menyambut hari raya Idulfitri. Umumnya, Wargi Bandung menggelar Salat Id di masjid atau di lapangan. Misalnya di Masjid Raya Bandung di Jalan Asia Afrika atau di lapangan besar seperti Lapangan KPAD atau Lapangan Gasibu.

Sama seperti wilayah lainnya, hidangan Idulfitri yang populer di Kota Bandung adalah ketupat. Adapun hidangan lainnya adalah makanan berkuah santan seperti opor ayam atau rendang. Sementara itu beberapa makanan ringan seperti kue nastar masih jadi idola di masyarakat Bandung..

Selain jadi momentum kemenangan umat muslim serta ajang berkumpul dengan orang-orang terkasih, Idulfitri juga dimaknai sebagai hari saling bermaafan satu sama lain.

Kalimat maaf yang lazim digunakan adalah Minal Aidzin Walfaidzin. Adapun kalimat yang disunnahkan adalah Taqabbalallahu minna wa minkum yang memiliki arti: “Semoga Allah menerima amal kami dan kalian” atau Taqabbalallahu minna waminkum wa ahalahullahu ‘alaik yang memiliki arti “Semoga Allah menerima (amalan) dari kami dan darimu sekalian dan semoga Allah menyempurnakannya atasmu” atau kalimat-kalimat lainnya.

Di kesepatan ini juga, segenap jajaran Humas Setda Kota Bandung mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1440 Hijriah. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.(DP)

Categories: Nasional

Tags:

dialogpublik.com