Hadirkan Saksi Ahli, Sidang Dugaan Tindak Pidana Korupsi DAM Parit Karawang Kembali Di Gelar

SIDANG dugaan tindak pidana korupsi DAM Parit Dinas Pertanian Karawang kembali di gelar di Pengadilan Tipikor Bandung pada Senin 15 Agustus 2022.

Dalam persidang dihadirkan saksi ahli hukum ad charge dari terdakwa Dr. Azmi Syaputra dari Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta. Sementara terdakwa Hj Usmaniah hadir secara virtual.

Sidang dipimpin oleh Ketua majelis Hakim Syarip tersebut cukup banyak yang diungkap oleh ahli tentang beberapa fakta baru yang belum terungkap dalam persidangan, seperti dalam kasus korupsi ini hanya satu orang yang menjadi terdakwa padahal korupsi itu bisa dilakukan oleh beberapa orang.

Menurut Azmi “Korupsi tidak hanya dilakukan satu orang karena ada sistem, ada alur, meja berbeda beda, engak mungkin orang mengeluarkan duit, tandatangan orangnya itu itu aja tapi akan banyak orang,” ujar ahli hukum Dr. Azmi Syaputra kepada wartawan.

Kemudian ketika ditanya bila memang terjadi bahwa terdakwanya hanya satu orang, Azmi Syaputra menyebutkan bila itu terjadi berarti ada sesuatu yang dihilangkan padahal dakwaan harus lengkap dan utuh.

“Kalau engak utuh berarti ada sesuatu yang diselamatkan, disembunyikan, penegakan hukum berada dijalan lambat karena ada distorsi,” katanya.

“Dia membatasi pertanggjawaban pidana yang seharus bisa diperluas pasal penyertaan itu malah dipersempit,” tambahnya.

Dalam persidangan menanggapi pertanyaan penasehat hukum terdakwa, mengenai adanya fakta yang berbeda dengan keterangan saksi dan dakwaan, lalu apa yang harus dilakukan hakim?

Sepanjang tidak ada kejanggalan bisa saja hal itu dilalukan hakim untuk di pertimbangkan karena disini kebutuhan masyarakat sudah terpenuhi.

Sementara menurut terdakwa ketika bertanya tentang adanya hambatan dalam suatu pekerjaan berupa ancman dari pihak luar bila meng ganggu secara fisik bisa laporan kepada atasan karena itu merupakan kebijakan Pimpinan berarti pertanggugjawaban harus diperluas ujar Azmi Syaputra. (Yara).

dialogpublik.com