Gubernur Apresiasi Pemilih di Lokasi Banjir

GUBERNUR Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Bupati Bandung H Dadang M Naser mengunjungi TPS 136 Kelurahan/Kecamatan Baleendah yang merupakan salah satu titik dari 210 TPS yang direlokasi KPU Kabupaten Bandung.

Emil menilai jalannya pemungutan suara di TPS itu, tetep berjalab lancar meski hak pilih harus menggunakan perahu untuk menuju TPS. “Saya mengapresiasi para pemilih di Baleendah, meskipun harus menggunakan perahu tetap datang untuk melaksanakan pemilihan,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (17/4/2019) di Baleendah.

TPS dikawasan di Baleendah merupakan, TPS -TPS untuk menggantikan TPS yang seharusnya karena wilayahnya terkena banjir. “Tapi sangat profesional diantar dan jemput warga dengan menggunakan perahu,” tuturnya.

Meski terkendala banjir, namun tingkat partisipasi masyarakat sudah sekitar 70 %. Ini menandakan pelaksanaan (pemilu) di Kabupaten Bandung walaupun terkendala banjir ternyata tidak jadi masalah.

” Dalam teori demokrasi. 70% itu baik. Amerika sendiri 30% dianggap hebat. Saya pernah dialog dengan orang Amerika, orang Indonesia resep teuing cublas coblos,” ucapnya.

Sementara pantauan dialogpublik.com, TPS di wilayah Malakasari, Pameungpeuk dan sebagian Kelurahan Andir nyaris sepi bahkan di TPS 138 RW 12 Baleendah petugas sempat nongkrong dipinggir jalan, karena TPS nya sepi pengunjung.

Di TPS Malakasari dari 220 hal pilih yang sudah datang ke TPS, hingga jam 12.30 baru sekitar 40%. Sementara di TPS 136 Baleendah dari 238 hak pilih yang datang mencoblos hanya 228 orang.

” Yang 30 orang lagi ega datang karena sudah meninggal dunia,” jelas petugas penerima pendaftaran di TPS 136, Baleendah Elis. (nk/hen/bas)

dialogpublik.com