Gentra Saluyu Cipicung Lestarikan Seni Reog Dan Calung

CALUNG dan Reog kesenian tradisional yang saat ini mulai punah. Banyak masyarakat yang sudah tidak mengenal seni dari tatar sunda itu, terutama kaum milenial.

Tetapi di Desa Sadu, Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat masih ada pegiat seni yang melestarikan Calung dan Reog, yaitu Lingkung Seni Gentra Saluyu Cipicung di Kampung Cipicung RT 02 RW 12 Desa Sadu Kecamatan Soreang.

seni kab2Gentra Saluyu Cipicung di bawah pimpinan Tajudin (prabu), menjadi wadah bagi para pecinta kesenian tradisional. Lingkung seni ini, didirikan selain ingin melestarikan juga untuk memajukan seni Sunda, khususnya di Kabupaten Bandung.

” Kalau bukan sama kita sama siapa lagi” tutur Tajudin didampingi Sekretarisnya, Cecep Iwan, Sabtu (4/07/2020) di Sadu Kec Soreang.

Selain itu tambahnya, dengan memasyarakatkan kembali calung reog dapat memimalisir pengaruh lingkungan yang negatif pada masyarakat, terutama anak – anak

“Dengan berdirinya lingkung seni Gentra Saluyu, Ahamdulillah respon masyarakat di kampung kami sangat antusias,”imbuhnya.

Lebih lanjut Tajudin berharap, lingkung seni asuhannya itu bisa mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk kemajuan dan bisa membeli alat yang belum dimiliki Gentra Saluyu. (Hen).

Categories: Ragam

dialogpublik.com