DR. Toto : Desa Wisata Harus Punya Ikon

DINAS Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kuningan menggelar fasilitasi Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Ekonomi Kreatif di aula bale desa Bojong kecamatan Cilimus Kuningan, Selasa (12/04/2022).

Acara dihadiri jajaran Disporapar, Gekraf, Dosen Unisa, Camat, Polsek Cilimus, anggota Pokdarwis, Kepala desa Bojong, Caracas, Linggamekar, LPM, BPD dan Karang Taruna.

Kadisporapar Dr. H. Toto Toharudin M.,Pd. menjelaskan, tata cara menerima informasi biasanya sesuai dengan persepsi, tergantung wilayah masing masing.

Hal ini sama dengan obyek wisata di berbagai desa. Setiap obyek wisata di desa harus mempunyai icon/ciri, agar bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Terkait pariwisata Kuningan, “kami ingin Kuningan menjadi kawasan wisata yang baik dan maju karena melalui pariwisata bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat setempat. Dengan begitu semuanya bisa terwujud dan terlaksana, pengembangan kompetensi SDM di setiap desa harus di kuatkan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Bojong Hj. Nurul Komariah, S.Sos selaku tuan rumah mengatakan, melalui giat ini diharapkan kedepan desa kita bisa menjadi desa yang maju, atas dorongan dan bimbingan dinas-dinas terkait. Disamping itu bimbingan ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan nara sumber. Dalam hal ini seluruh elemen masyarakat dan pemerintahan desa harus bisa bersinergi.

Harapan senada disampaikan Camat Cilimus Cece Hendra Krisianto, S.STP. M.Si, penguatan SDM kepariwisataan di kecamatan Cilimus kabupaten Kuningan lebih meningkat, yang pada gilirannya Cilimus dan Cigandamekar menjadi daerah tujuan wisata .

Sementara Ketua Pokdarwis H. Maryoto, minta agar potensi yang ada di setiap desa harus bisa kita gali dan di kembangkan, melalui penguatan kompetensi SDM agar ada suatu inovasi dan motivasi.Jalin sinergitas dan bentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis .(H. WAWAN JR).

dialogpublik.com