Dr. H. Dian : Deklarasi ODF Stop BABS

DEKLARASI ODF ( Open Defecation Free) stop buang air besar sembarangan (BABS) di Desa Sukarapih Kec Cibingbin merupakan program kami untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kesiapan desa Sukarapih sebagai desa yang terbebas ODF tidak lepas dukungan masyarakat dan berbagai elemen untuk mewujudkan perilaku  hidup bersih dan sehat”, ujar Kadis Kesehatan Kab Kuningan H Raji, SE, M.MKes di ruang kerjanya, Jumat (20/12/2019).

Terpisah Sekda Kab Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar M.Si, sangat mengapresiasi kesiapan  kepala desa dan masyarakat yang  telah berhasil melaksankan upaya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari sebagai desa yang sadar jamban dan terbebas dari buang air besar sembarangan.

“Momentum ini sebagai awal dari pelaksanaan kegiatan penerapan sanitasi total berbasis masyarakat untuk menjadi contoh bagi desa lain khususnya di kec Cibeureum” ucapnya.

Diharapkan melalui deklarasi ODF ini, selain dapat memberi semangat kepada semua pihak kususnya di Kabupaten Kuningan juga desa yang lain akan segera mengikuti jejak desa Sukarapih menyelenggarakan kebutuhan sanitasinya secara mandiri. (H WAWAN JR)

dialogpublik.com