DR Didik Haryadi, MSi : Perkembangan Iptek Membawa Perubahan Cepat Di Dunia Pendidikan

PERKEMBANGAN ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, membawa perubahan yang begitu cepat pula. Tuntutan masyarakat semakin tinggi terhadap proses penyelenggaraan pendidikan dan hasil pendidikan yang bermutu, serta lulusan yang mampu bersaing dan relevan dengan latar belakang pendidikannya.

Hal itu dikatakan Rektor Universitas Kuningan DR Dikdik Haryadi,MSi dalam acara wisuda 695 orang mahasiswa di gedung Student Centre Imam Hidayat Kampus I di jalan Cut Nya Dien Windusengkahan Kuningan Rabu (2/10/2019)

“Di sisi lain, kata Didik terjadinya persaingan yang sangat ketat diantara ribuan perguruan tinggi di Indonesia, baik PTN, PTS maupun cabang perguruan tinggi Luar Negeri. Dengan demikian, mau tidak mau, suka tidak suka, setiap perguruan tinggi harus mengambil langkah-langkah cerdas dan inovatif untuk mengantisipasi tantangan tersebut. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Universitas Kuningan secara terus menerus melakukan perbaikan. Berbagai upaya dilakukan secara berkesinambungan untuk terus berkembang dan memenuhi harapan masyarakat,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa, Uniku secara bertahap dan simultan telah melakukan penguatan kelembagaan sesuai standar nasional Dikti, dan meningkatkan mutu dengan menerapkan sistem penjaminan mutu, baik Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) maupun Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME), paparnya.

“Uniku senantiasa terus berupaya untuk melakukan penguatan kelembagaan yang salah satunya meningkatkan akreditasi program studi. Beberapa bulan yang lalu, Program Studi Pendidikan Biologi S2 telah melakukan re-akreditasi, dan Alhamdulillah setelah dilakukan assessment lapangan dapat mempertahankan status akreditasinya mendapatkan nilai Sangat Baik (B). Beberapa waktu kedepan ada beberapa Program Studi yang menunggu assessment lapangan untuk re-akreditasi yaitu Prodi Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi, Manajemen (S2), dan Pendidikan Ekonomi (S2). Mohon doanya semoga hasilnya lebih baik dari capaian saat ini,” jelasnya.

Selain itu, perlu kami informasikan bahwa berdasarkan SK. Menristekdikti No. 436/KPT/I/2019, tanggal 10 Juni 2019 Alhamdulillah telah dibuka Program Studi Ilmu Lingkungan mulai Tahun Akademik 2019/20120. Diharapkan kedepan dapat menambah alternative pilihan bagi masyarakat dalam memilih prodi yang ada di Uniku, harap dia optimis.

Sementara itu, dari 695 orang wisudawan-wisudawati terdiri dari, 676.program S 1 dan 19 program S 2. Sedangkan IPK tertinggi diraih oleh Cempaka Putri dengan IPK 3,96 (cumlaude) dan wisudawan termuda adalah Ully Aldiani berusia 20 tahun 8 bulan 19 hari.(H WAWAN JR)

Categories: Pendidikan

dialogpublik.com