DPRD Tinjau Puskesmas Se – Kabupaten Bandung

UNTUK mencegah penyebaran Covid -19 DPRD Kabupaten Bandung, hari ini (Jumat 20/3/2020) meninjau seluruh Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Bandung.

” Hari ini, kami pimpinan dan anggota DPRD serentak memantau dan meninjau seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Bandung,” jelas Ketua DPRD, H. Sugianto, S.Ag, M.Si, kepada dialogpublik, Jumat, (20/3/2020) di Soreang.

Covid-19, merupakan wabah nasional. Sehingga kunjungan atau monitoring anggota dewan ke Puskesmas, selain untuk memotivasi petugas, juga melihat kesiapannya dalam mengantisivasi penyebaran wabah corona (covid -19).

sugih1
Ketua DPRD, H. Sugianto, S.Ag, M.Si,(kaos hitam)

” Dari hasil monitoring tersebut, sesuai kapasitasnya selaku anggota DPRD, pihaknya akan menyiapkan regulasi dan kesiapan penyesuaian anggaran,” paparnya.

Sugih, panggilan akrabnya, menghimbau, agar masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan serta kepeduliaanya, jika melihat ada warga yang terindikasi suspect corona, agar secepatnya dilaporkan ke Puskesmas terdekat.

“Jaga kebersihan dan pola hidup sebagai langkah awal pencegahan, terpapar virus corona,” imbuhnya seraya menambahkan, agar masyarakat tidak panik dan selalu tenang. Dengan senantiasa berdoa mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa Allah SWT.

” Apapun yang terjadi ini ujian dari Allah, tetapi ikhtiar kehidupan harus kita upayakan dengan maksimal,” pungkasnya.

Sebelummya Bupati Bandung, Dadang M Naser menjelaskan, tiga orang warganya positif terinfeksi virus corona. Selain itu, 26 orang diantaranya termasuk Orang Dalam Pengawasan (ODP), serta empat orang lainnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Sebanyak 62 Puskesmas telah di Stanby-kan, termasuk mobil ambulans untuk penjemputan di pasien yang dirujuk ke rumah sakit.

Seluruh rumah sakit di Kabupaten Bandung akan difokuskan untuk menangani kasus COVID-19, kecuali RSU Soreang karena dalam proses perpindahan ke lokasi baru.

Rumah sakit rujukan, diantaranya RSUD Ebah, Majalaya, RS Cicalengka, RS Al Ihsan, dan RS AMC, Kecamatan Cileunyi. (nk)