DPRD Provinsi Jawa Barat mengadakan Tarlin

DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Provinsi Jawa Barat mengadakan Tarawih Keliling (Tarling) di malam ketiga Ramadan di Aula Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, no 27 Kota Bandung, Selasa (7/5/19) malam.

Acara ini di hadiri Pimpinan dewan, Ineu Purwadewi Sundari wakil ketua Ade Barkah Surachman dan Ketua Fraksi antara lain, Yod Mintaraga, Abdul Hadi Wijaya serta anggota dewan,Sekretaris DPRD Provinsi Jawa Barat Toto Mohamad Toha

Sementara dari unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa ,Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana. Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari selaku tuan rumah juga ikut salat di saf perempuan.

Penceramah KH Muhtar Kholid menyampaikan pesan menyoal toleransi. Menurutnya, ada toleransi internal dengan sesama umat seagama, dan toleransi dengan umat yang berbeda akidah.

Sebab, dalam satu agama pun terdapat madzhab, ataupun organisasi keagamaan tertentu, dengan tradisi, atau kebiasaan yang menyangkut tata cara beribadah yang sedikitnya berbeda- beda. Maka satu madzhab dengan lainnya, satu organisasi dengan lainnya, perlu saling menghormati, dan menghargai.

“Tugas kita adalah saling menghormati. Ada yang biasa pergi naik pesawat, naik bus, naik kereta, tapi tujuannya sama, tentu tidak masalah,” katanya.

Muhtar mengingatkan agar siapapun dapat mengesampingkan kefanatikan, terhadap suatu pemahaman. Karena dengan saling menghargai, akan mengurangi bahkan menghindari gesekan dan benturan.

Di samping itu, dengan saling menghargai, akan timbul rasa saling menghormati, dan mengayomi, yang selanjutnya akan jadi fondasi kesatuan, dan persatuan, demi keutuhan bangsa,pungkasnya.(***)

Categories: Politik

dialogpublik.com