Disdukcapil Purwakarta Gandeng RS Siloam Hospitals Buatkan Akta Bayi Yang Baru Lahir

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit Siloam Hospitals Purwakarta.

Terobosan yang dilakukan oleh Disdukcapil ini diperuntukan membantu masyarakat Purwakarta yang memiliki anak baru lahir di RS tersebut otomatis akan dibuatkan akta kelahiran.

Kepala Disdukcapil Purwakarta, Sulaiman Wilman mengatakan, pihaknya menggandeng RS Siloam Hospitals untuk mendukung kinerja Disdukcapil dalam memberikan pelayanan terhadap warganya yang hendak langsung memiliki akta kelahiran ketika anak yang baru dilahirkannya.

“Tak hanya akta kelahiran tapi juga kami berikan Kartu Keluarga (KK) yang baru,” ujarnya di Rumah Sakit Siloam, Jumat (27/12/2019).

Wilman menambahkan, untuk warga yang melahirkan di RS Siloam Hospitals dan hendak mengurus pembuatan akta kelahiran dan KK, hanya perlu menyiapkan dokumen KTP suami-istri dan KK.

“Per- 1 Januari 2020 nanti warga Purwakarta bisa menikmati pelayanan ini. Jadi, bisa mempermudah orang tua bayi dalam mengurus surat kelahiran,”ungkapnya.

Sementara Direktur RS Siloam Hospitals, dr Irwan Gandana mengaku sangat mendukung inisiasi kerjasama dari Disdukcapil Purwakarta dalam menjemput bola melayani warga Purwakarta

Menurutnya, pihak Rumah Sakit (RS) Siloam bersiap untuk membantu orangtua bayi dalam membuatkan akta kelahiran dan KK yang baru.

“Nanti ada bayi yang lahir di sini, orangtua cukup serahkan kelengkapan surat-surat seperti KTP suami istri dan surat keterangan kelahiran juga KK. Sekitar 1 minggu akta kelahiran pun langsung jadi beserta KK yang baru dan diserahkan ke orangtua bayi. Dan gratis,” ujarnya.

Untuk pelayanan akta kelahiran ini, RS Siloam baru bekerjasama dengan Disdukcapil Purwakarta.

Namun, Irwan menyebut pihaknya tak menutup kemungkinan ke depan bisa bekerjasama dengan kabupaten/kota lainnya, seperti Karawang dan Subang.

“Kami ingin warga Purwasuka bisa merasakan pelayanan ini semua. Untuk pelayanan akta kelahiran di Purwakarta kami mulai 1 Januari 2020,” katanya.

Menurut data kelahiran bayi di RS Siloam per bulan mencapai 80-120 tindakan dengan 50-60 persennya warga Purwakarta. Demikian dijelaskan Direktur RS. Siloam. (jab/hms)

dialogpublik.com