Disdik KBB Pastikan MPLS Berjalan dari Awal Masuk Sekolah

DINAS Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bandung Barat memastikan bahwa pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada semua jenjang pendidikan sudah berjalan dari awal masuk sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) KBB, Asep Dendih menyatakan, dari hari pertama pelaksanaan MPLS itu sudah berjalan. Mulai dari, pengenalan lingkungan sekolah hingga sekarang menginjak hari ketiga yang berfokus pada kegiatan kepramukaan.

“Dari hari pertama itu (MPLS) sudah berjalan, hampir seluruh jenjang SMP di KBB, hari ini sudah menginjak jadwalnya tentang kepramukaan,” katanya saat ditemui di Ngamprah. Rabu, (20/7/2022).

Ia menerangkan, dalam kegiatan MPLS ini para siswa baru diperkenalkan dengan lingkungan sekolahnya yang baru, karena diperlukan adaptasi dari jenjang SD ke jenjang SMP.

“Tak hanya lingkungan sekolah, mereka pun harus mengenal cara belajar, kedisiplinan dan berbagai macam program sekolah yang ada di sekolah masing-masing,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam kegiatan MPLS kali ini perlu ada inovasi baru yang berbeda dengan sekolah lainnya. “Inovasi itu perlu karena agar para siswa bisa lebih gereget dengan lingkungan sekolah barunya,” ujarnya.

Disinggung terkait adanya kegiatan khusus saat MPLS di tengah naiknya kasus COVID-19, ia mengaku, pihaknya belum mengizinkan kegiatan khusus seperti bermalam di sekolah dan lainnya.

Lebih lanjut dia, para siswa harus tetap menggunakan masker. Baik itu diluar ataupun didalam ruangan, sebagaimana yang dilakukan di sekolah sebelumnya.

“Kami sudah mengimbau kepada seluruh satuan pendidikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, termasuk melaksanakan kegiatan MPLS yang sifatnya aman,” pungkasnya.(tries).

dialogpublik.com