Dede Yusuf Usulkan Hal Ini, ke Bupati Bandung Terpilih

WAKIL Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf Macan Efendi menyampaikan, beberapa hal yang harus dilakukan dalam 99 hari kerja pertama Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna.
¹
Hal tersebut disampaikannya saat bersilaturahmi dan berdiskusi dengan Bupati Bandung terpilih HM Dadang Supriatna, di kediaman Kang DS, biasa disapa, Jalan Sapan, Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa (20/4/2021) petang.

Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 2 mengakui, ada harapan dari masyarakat agar Kang DS segera merealisasikan program Pasangan Bedas (Bersama Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan), yang tercantum dalam visi misi dan janji politiknya pada masa kampanye.

“Akan tetapi saya sampaikan, agar terlebih dahulu melakukan bagaimana untuk bisa menyelesaikan permasalahan penyebaran Covid-19. Karena hal inilah yang juga akan dinilai oleh pemerintah pusat nantinya, sehingga Kabupaten Bandung punya prestasi di mata pemerintah pusat atau tingkat nasional,” ungkap Dede usai pertemuan.

Dede mengusulkan, agar anggaran yang ada difokuskan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 bisa dioptimalkan sampai status Kabupaten Bandung bisa menjadi Zona Hijau.

“Termasuk dalam program mempercepat penyelesaian vaksinasi di Kabupaten Bandung yang akan berlanjut sampai akhir Juli. Sebab kami mendapat laporan dari daerah-daerah masih banyak belum mendapatkan vaksin termasuk dari guru-guru dan frontliner lainnya,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Kemudian ketika destinasi wisata dibuka, karena ada larangan mudik, berarti orang lokal akan berdarmawisata. “Protokol kesehatannya harus benar-benar dijaga seketat mungkin. Jangan sampai terjadi klaster baru di sektor pariwisata,” pesan Dede.

Terkait percepatan pemulihan perekonomian masyarakat, ia berpesan agar fokus terhadap pemulihan ekonomi di sektor UMKM, termasuk di ekonomi kreatif dan pariwisata. Menurutnya di Kabupaten Bandung banyak konveksi, kuliner yang menjadi industri kreatif.

“Untuk itu kalau Kabupaten Bandung mau melakukan percepatan pemulihan perekonomian, maka UMKM dan industri kreatif inilah yang harus diberikan motivasi dan support dari pemerintah daerah, karena sektor inilah yang tetap bertahan dan terus bergerak di masa pandemi Covid-19,” jelasnya.

Setelah itu, lanjut Dede, barulah sampai pada realisasi janji kampanye, meski terjadi refokusing anggaran. Sebab menurutnya masyarakat juga pasti bisa menerima dengan kondisi saat ini yang masih menyelesaikan masalah pandemi Covid-19.

Selain untuk fokus ke penanganan pandemi Covid-19, dalam pertemuan tersebut Kang DS berjanji, akan dibuatkan mapping apa yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat Kabupaten Bandung, khususnya bidang pendidikan, sesuai mitra kerja Komisi X DPR RI.

“Karena salah satu kebijakan saya ke depan, rata-rata lama sekolah anak, tidak hanya 9 tahun lebih, tapi bisa meningkat. Ini akan kita perjuangkan dan mudah-mudahan bisa berjalan sesuai dengan harapan,” jelasnya (nk)

Categories: Parlementaria,Pemerintahan

dialogpublik.com