Dari Rawabogo, Bupati Launching BIAN sekitar 500 ribuan Anak jadi Sasaran

BUPATI Bandung H. M. Dadang Supriatna me launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat Kabupaten Bandung di lapangan legok Kole, Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey, Kamis (4/8/2022).

Dadang mengimbau, para orang tua yang memiliki balita usia 9 bulan untuk diimunisasi di tempat masing-masing.

“Semua balita di kabupaten Bandung harus diimunisasi dan 95 persen bisa mencapai target yang diharapkan” ungkapnya.

Sementara Plt. Direktur Pengelolaan Imunisasi Kemenkes RI, dr. Prima Yosephine, MKM menyatakan, pandemi covid-19 memberikan dampak bagi kesehatan anak di Indonesia.

Dari data kementerian Kesehatan RI tahun 2022, sebanyak 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi rutin, sehingga kondisi ini berpotensi ditemukannya kejadian luar biasa dengan munculnya berbagai macam penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Dr Prima menjelaskan, cakupan imunisasi dasar lengkap saat ini menurun dari 93,7 persen pada 2019, menjadi 79,6 persen tahun 2021.

” Oleh karenanya kegiatan BIAN ini serempak dilaksanakan di wilayah Indonesia,” ujarnya.

Sedengakan, ketua TP PKK kabupaten Bandung Hj Emma Detty Supriatna, menyampaikan, untuk menyukeskan BIAN 2022, Kader PKK bisa menjadi garda terdepan.

“Sasaran program BIAN di Kabupaten Bandung adalah anak usia 9-59 bulan, sekitar 317.355 dan usia 12-59 bulan 254.965 anak, “, pungkasnya. (nk)

dialogpublik.com