Dansektor 8 Manfaatkan Bantaran sebagai Sarana Edukasi Masyarakat

PANGDAM III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang juga selaku Wakil Komandan Bidang Penataan Ekosistem I Citarum Harum meninjau Sektor 8 di Kec Margaasih Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin (15/08/2022).

“Kedatangan Pangdam disambut oleh Dansektor 8 Citarum Harum Kolonel Arm Nursamsudin beserta Satgas Citarum Sektor 8 lainnya,” ujar Kapendam di sela mendampingi Pangdam di Sektor 8 Margaasih Kab. Bandung.

Pada kesempatan tersebut, lanjut Kapendam, Pangdam melihat langsung progres pembuatan Taman Ramah Anak di Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang terletak di bantaran sungai Citarum wilayah Desa Nanjung Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung.

Saat ditanya terkait adanya Taman RTH, Pangdam III/Siliwangi kepada awak media mengatakan, “Progress pencapaian setiap tahap program Citarum Harum, termasuk progress pencapaian edukasi terhadap masyarakat, sudah mulai terlihat. Kodam terus mencoba berbuat, dan berinisiatif memberikan suatu wahana dan sarana untuk masyarakat. Diharapkan hal itu bisa memotivasi dan merangsang masyarakat itu sendiri secara sadar memelihara dan menjaga lingkungannya tanpa adanya TNI, ” ucap Pangdam.

Yang kedua, lanjut Pangdam, “Wahana ini juga sebetulnya bagian dari pada upaya yang terus dilakukan oleh Satgas Citarum di Sektor 8. Berupaya untuk mensinergikan kepentingan-kepentingan komunikasi sosial yang ada di tengah masyarakat. Kalau ada medianya seperti ini, saya yakin mereka akan menjadi komunitas yang lebih positif daripada yang tidak punya wahana,” imbuhnya.

Masih di lokasi yang sama, Dansektor 8 mengatakan, bahwa dalam upayanya mengedukasi warga, dilakukan pembenahan lahan non produktif di bantaran Sungai. Lahan tersebut dibuat taman dan dijadikan tempat destinasi wisata. Apa yang dikerjakannya tidak ada maksud khusus, semuanya bertujuan untuk dapat menjalankan tugas sebagai Satgas Citarum dengan sebaik baiknya, terutama untuk masyarakat dan warga yang tinggal di sekitar bantaran.

Dikatakan Dansektor, Taman Ruang Terbuka Hijau dilengkapi berbagai sarana, seperti Posko, Mushola, MCK, taman lukisan, taman bermain anak, jogging track serta fiew selfi, sementara progress pekerjaannya sampai saat ini mencapai 70 persen.

Kapendam menambahkan, Taman Ruang Terbuka Hijau merupakan sarana edukasi dan jalin komunikasi sesama warga masyarakat di sekitarnya, untuk menginisiasi kebersamaan, sambil menikmati keindahan sungai Citarum. Selain itu juga sebagai wahana pembelajaran bagi generasi muda dalam menjaga lingkungan hidup.

Hadir pada kegiatan tersebut selain Pangdam III/Slw, Dansektor 8 Citarum Harum, Asintel dan Aster Kasdam III/Slw, Dandim 0624/Kab Bandung, Danramil 2415/Margahayu, serta anggota Satgas Sektor 8. (Pen).

dialogpublik.com