Dansektor 20 Pimpin Kerja Bakti DI Bantaran Aliran Sungai Citarum Bekasi

SATGAS Citarum Harum Sektor 20 ciptakan kondisi bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum jadi lebih indah dan asri serta jadi contoh di wilayah Kabupaten Bekasi

Hal tersebut disampaikan Dansektor 20 Satgas Citarum Harum Kolonel Inf Budijanto saat memimpin kerja bakti bebersih tanggul di bantaran Daerah Aliran Sungai Citarum di Kampung Bojongjaya Desa Sumbersari Bekasi, Minggu (6/3/2022).

Ia juga mengatakan, hari ini bersama anggota Satgas dan elemen masyarakat sekitar sungai Citarum melakukan pembersihan sampah-sampah dan perapihan sekitar tanggul untuk menjadikan Sektor 20 lebih indah lagi.

Sektor 20 juga melakukan pembibitan berbagai macam pohon yang nantinya akan didistribusikan kepada para sub-sub Sektor. Diantaranya tanaman vertiver, miana merah, strobery dan masih banyak tanaman keras lainnya.

Selain itu kata Kolonel Inf Budijanto,” Sektor 20 akan menjadikan bantaran sebagai taman edukasi yang nantinya diberi nama Taman Pancasila. Ditaman ini kita akan pasang Lambang Negara juga kita buat bener/spanduk yang bertuliskan butir-butir Pancasila. Kita juga akan buat spanduk yang bertulisan himbauan kepada masyarakat tentang indahnya dan bagaimana bagusnya sungai citarum manakala kita rawat dengan baik”.

“Yang paling utama adalah seluruh masyarakat yang ada disepanjang DAS Citarum agar lebih mencintai kebersihan, keindahan dan kenyamanan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang berdampak kepada bencana banjir dan timbulnya wabah penyakit,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Sumbersari Nurfadilah, S.H., menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Dansektor 20 Kolonel Inf Budijanto bersama anggotanya, atas partisipasinya membantu kami membersihkan tanggul Citarum. Dengan harapan bahwa warga untuk tidak membuang sampah lagi ke Sungai Citarum karena Citarum itu memang harus bersih.

Dansektor 20 dan Kepala Desa senada mengatakan, saat ini masih berada pada masa pandemi Covid-19, yang belum vaksin ayo segera vaksin, yang belum taat prokes ayo maskernya dipakai atau digunakan karena semua kesehatan berawal dari kita sendiri.

Ditempat terpisah Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan, selain membenahi bantaran dan kebersihan lingkungan, Sektor 20 juga menciptakan ketahanan pangan dengan menanam beraneka tanaman palawija dengan menggunakan Bios karena hasilnya akan lebih baik dan menanam berbagai jenis ikan dalam rangka untuk mewujudkan ketahanan semesta (kahanta).

Usai pelaksanaan kegiatan, Dansektor 20 Kolonel Inf Budijanto didampingi Kapten Czi Sunu dan Kepala Desa melakukan penanaman pohon diarea Taman Pancasila di Kampung Bojongjaya Desa Sumbersari. (Sus).

dialogpublik.com