Cegah Banjir, Babinsa dan Warga Gotongroyong Bersihkan Kali

ANGGOTA Babinsa Kodim 0615 Kuningan di Desa Paniis kecamatan Pasawahan bersama warga setempat bergotongroyong membersihkan saluran air kali di Paniis Tonggoh, Minggu (20/3/2022).

Dandim 0615 Kuningan Letkol Czi David Nainggolan menjelaskan bahwa, Pelaksanaan tugas kewilayahan bagi TNI telah diatur dalam Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI, yang menyebutkan bahwa tugas pokok TNI untuk melaksanakan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Salah satunya, tugas TNI di wilayah dalam pelaksanaan OMSP adalah untuk membantu Pemerintah Daerah setempat di segala bidang, guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. TNI punya kewajiban untuk membantu tugas Pemerintah Daerah.

Babinsa Sertu Karya disela kegiatan menuturkan, tujuan dari pembersihan ini untuk memperlancar air dan antisipasi terjadinya banjir.

“Kalau paritnya bersih otomatis air mengalir lancar, dan diharapkan tidak terjadi banjir,” ucapnya.

Tingkat kerawanan akan bahaya banjir sambung Sertu Jarya, bisa saja terjadi apa bila saluran air mampet atau tersumbat, untuk itu diperlukan pembersihan saluran.

Terkait hal ini Sertu Karya, mengajak masyarakat agar tetap waspada bila terjadi bencana alam Banji. Warga hendaknya selalu menjaga kebersihan saluran air/parit dan tidak membuang sampah ke sungai, tegasnya.

“Marilah kita jaga kebersihan saluran air/Parit ini. Dengan menjaga sungai berati kita menjaga Ekositen disekitar kita,” pungkas dia. (H WAWAN JR)

dialogpublik.com