Bupati Launching Pengerukan Sungai Citarik

BUPATI Bandung Dadang Supriatna melaunching pengerukan Sungai Citarik, di Desa Panenjoan Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Sabtu (1/5/2021)

Menurutnya, launching yang dilakukan bukan sekadar seremonial, karena akan ditindaklanjuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi (monev) mingguan.

“Saya akan langsung turun ke lapangan. Akan saya pantau minimal seminggu sekali untuk melihat perkembangannya. Mulai Senin Pa Kadis PUTR (Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) juga akan mempersiapkan pengerukan di tiga kecamatan lainnya,” ucapnya didampingi Kadis PUTR Kabupaten Bandung Agus Nuria.

Program lingkungan penanganan banjir merupakan, implementasi salah satu prioritas program 99 hari kerja. Selain Cicalengka, rencananya revitalisasi sungai juga akan dilakukan di Rancaekek, Cikancung dan Bojongsoang.

“Panjangnya kurang lebih sekitar 10 km, dibiayai sebagian dari APBD. Karena kondisi APBD kita sudah berjalan dan terbatas, sehingga saya minta kerjasama terutama kepada para pengusaha yang ada di wilayah Kabupaten Bandung, untuk bisa sama-sama membantu,” imbuhnya.

Pengerjaan kolaborasi antara Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan DPUTR itu, akan melakukan normalisasi Sungai Citarik dan sungai pembuangnya sepanjang 5 km. Normalisasi dilakukan dalam 2 tahap. Yakni, tahun ini normalisasi dilakukan sepanjang 2 km, tahap selanjutnya sepanjang 3 km dengan sumber anggar dari.APBD 2022.

“Jadi hulu dan hilirnya akan dilaksanakan normalisasi, mudah-mudahan upaya ini bisa memininalisir terjadinya banjir,” harapnya.

Selain revitalisasi sungai, Dadang juga fokus pada pembenahan lingkungan dari sisi penanganan sampah. “Selain pengerukan, saya minta kepada Kadis LH (Lingkungan Hidup) untuk mempersiapkan bagaimana sampah bisa menghilang di Kabupaten Bandung. Insyaa Allah kita akan sukses di bidang lingkungan,” pungkas Kang DS.(nk)

Categories: Pemerintahan

dialogpublik.com