Bupati Anne : Pertumbuhan Investasi di Purwakarta Masuk Lima Besar Nasional

PRESTASI membanggakan kembali ditunjukan Pemkab. Purwakarta. Terus meningkatnya angka investasi menempatkan Purwakarta masuk sebagai salah satu daerah dengan iklim investasi terbaik secara nasional.

Pertumbuhan investasi Kabupaten Purwakarta terus mengalami pertumbuhan sejak tahun 2019. Bahkan Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Investasi dan BKPM menempatkan Purwakarta sebagai salah satu kabupaten investasi terbaik ke lima di tingkat nasional.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, pada acara malam Anugerah Investasi Purwakarta (Anvesta) di Hotel Harper Purwakarta, Selasa malam, 14 Maret 2023.

“Investasi di Kabupaten Purwakarta terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya. Saat pandemi Covid-19, investasi di Purwakarta terus mengalami peningkatan, khususnya Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN),” ujar Bupati Anne.

Bupati perempuan pertama di Purwakata itu menjelaskan, sektor investasi yang masuk ke Purwakarta pada tahun 2022 meliputi Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar 72,52% dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar 47,50%.

“Di tahun-tahun selanjutnya investasi yang masuk ke Purwakarta akan terus bertambah karena daya tariknya yang tinggi, dengan di dukung oleh fasilitas yang memadai, serta lokasinya yang sangat strategis, dan di dukung dengan politik dan keamanan yang stabil,” jelas Bupati yang akrab dipanggil Ambu Anne.

Menurutnya, pertumbuhan investasi di Purwakarta, berdampak pada menurunnya jumlah pengangguran setiap tahun, dan lonjakan pertumbuhan sektor ekonomi. “Tahun 2021 pengangguran terbuka di Purwakarta sebayak sebesar 10,7%. Tahun 2022 turun menjadi 8,75%,” ujarnya.

Lonjakan pertumbuhan sektor ekonomi mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Baru-baru ini Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Kabupaten Purwakarta sebesar tahun 2022 menjadi 5,24% dari tahun sebelumnya sebesar 3,42%.

Kadis DPMPTSP, Hariman

“Dari data BPS, pertumbuhan ekonomi kita melonjak lebih dari 50%. Tahun depan pertumbuhan perekonomian di Purwakarta harus lebih besar,” tuturnya.

Sementara, Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun tak luput dari perhatian Bupati Anne, menurutnya UMKM di tahun-tahun mendatang harus tumbuh lebih dari tahun sebelumnya, mengingat UMKM sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat. “UMKM merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat. Apabila UMKM kita kuat, perekonomian kita pun jauh lebih kuat,” ujarnya.

Diketahui, pada Anugerah Investasi Purwakarta itu ada sejumlah kategori penghargaan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah daerah kepada para pelaku dunia usaha atau investor. Kategori tersebut diantaranya untuk Perusahan Penanaman Modal Asing (PMA) Terbaik, Perusahan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Terbaik dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) Inspiratif.

Berikut peraih Anugerah Investasi Purwakarta 2023:

Kategori UMKM inspiratif:

Juara 1 PT Ratu Barokah Wajihan

Juara 2 PT Bina Buana Medika

Juara 3 PT Safari sinar Purwakarta

Kategori PMDN:

Juara 1 PT Indo-rama Syntetics

Juara 2 PT Asri Medical Centre

Juara 3 PT Lansena Jaya

Kategori PMA:

Juara 1 PT South Pacific Viscose

Juara 2 PT KCIC

Juara 3 PT Metro Pearl Indonesia

(jainul abidin/hms).

dialogpublik.com