Bertabur “Avengers”, TPS 901 LPKA Kelas II Bandung: Sekuat-Kuatnya Superhero Masih Lebih Kuat Anggota KPPS

PADA momen Pesta Demokrasi Pemilu 2024, seluruh TPS di Kota Bandung berlomba-lomba menunjukkan kreativitasnya. Untuk menarik perhatian Pemilih Muda atau Gen Z, salah satu TPS Khusus di Kota Bandung ini menghadirkan beragam tokoh Superhero.

Tempat Pemungutan Suara Khusus di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Bandung (LPKA) di Jalan Pacuan Kuda No.3 Bandung mengangkat konsep unik yakni Superhero.

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 di TPS LPKA Kelas II Bandung menggunakan cosplay atau berkostum Superhero seperti Batman, Superman, Thor, Iron Man, Captain America, hingga sosok villain Joker.

Kepala Lapas LPKA Kelas II Bandung Mali Jumali mengatakan, petugas KPPS sengaja berkostum superhero untuk menghibur anak binaan.

Inisiatif ini sengaja dilakukan penyelenggara, supaya anak-anak antusias untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Mengingat semuanya adalah pemilih baru dalam pesta demokrasi lima tahunan ini.

“Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung menyelenggarakan pemilu dengan kondisi lancar dan kondusif. Karena ini LPKA khusus anak-anak, jadi untuk KPPS menggunakan seragam superhero,” ujarnya di sela pemungutan suara, Rabu 14 Februari 2024.

Herny, Ketua KPPS Lokasi Khusus LPKA II Kota Bandung TPS 901 atau yang akrab disapa Kak Umay mengungkapkan, pemilih pada TPS 901 ini merupakan anak-anak Binaan dan Pegawai LPKA.

“Pemilih pada TPS 901 ini merupakan anak-anak Binaan sekitar 106 orang dan sekitar 35 orang Pegawai LPKA. Dari segi usia anak-anak yang termasuk pemilih pemula di LPKA Bandung paling banyak 17-18 tahun,” ungkap Umay.

Konsep Avengers ini tidak hanya membangkitkan antusias anak-anak untuk datang ke TPS tapi juga menjadi semangat dan kebahagiaan tersendiri bagi Para Petugas KPPS di TPS 901.

“Alhamdulillah proses pemungutan suara di TPS 901 berjalan lancar dan sudah selesai pada pukul 11.00 WIB. Jadi ternyata bukan hanya anak-anak binaan saja yang antusias datang ke TPS karena konsep Avengers ini tapi kita pun sebagai panitia KPPS jadi lebih semangat dan happy saat proses pemungutan suara berlangsung,” tutur Umay.

Kendati bertema superhero, tetapi TPS ini tetap memastikan para petugaslah yang lebih kuat. Hal itu seperti yang terpampang dalam spanduk di TPS tersebut, “Sekuat-Kuatnya Superhero Masih Lebih Kuat Anggota KPPS”. (ras)

dialogpublik.com