Berkontribusi Sukseskan Piala Dunia U-17, Pemprov Jabar Apresiasi Pemkot Bandung

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung meraih apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat atas dukungan dan kontribusi pada Piala Dunia U-17 (FIFA Wolrd Cup) Indonesia 2023 di Wilayah Jawa Barat.

Apresiasi itu diberikan oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin kepada Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, pada acara Malam Apresiasi Piala Dunia U-17 Indonesia 2023 di Wilayah Jawa Barat, di Sport Jabar Arcamanik, Selasa 19 Desember 2023 malam.

“Alhamdulillah kita (Pemkot Bandung) mendapatkan apresiasi dari Pemprov Jabar. Ini sebagai bentuk dukungan kita terhadap dunia olahraga,” kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono.

Ia berharap apresiasi ini menjadi motivasi untuk terus mendukung dunia olahraga.

“Mudah-mudahan ini menjadi dorongan bagi kita untuk terus mendukung memberikan ruang yang layak bagi dunia olahraga,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung, Eddy Marwoto mengucapkan syukur atas apresiasi dari Pemprov Jabar.

“Kita mendapatkan apresiasi, selama ini terus mendukung Piala Dunia U-17. Kita punya aset seperti Stadion Sidolig, itu dikategorikan sudah menjadi standar internasional. Ini motivasi kita untuk pengembangan aset lainnya,” beber Eddy.

Menurutnya, Pemkot Bandung berencana soal pemanfaatan aset olahraga agar lebih optimal. Baik untuk masyarakat maupun digunakan untuk kegiatan olahraga lainnya.

“Kita berbicara dengan Pemprov Jabar, meminta saluran bantuan lain dari provinsi atau Kementerian PUPR,” ujarnya.

Tahun depan, lanjut Eddy, Pemkot Bandung tetap fokus meningkatkan pengembangan aset infrastruktur sarana olahraga yang ada.

“Tahun 2024 kita tetap fokus meningkatkan pengembangan infrastruktur aset sarana olahraga yang ada. Ini motivasi kita untuk standar yang sama seperti Sidolig,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengaku, selama pelaksaan turnamen sepak bola itu, turut memantau dan memastikan kelayakan sarana olahraga di Jabar.

“Para pelatih hadir itu menguji, hasilnya mereka puas karena suasana nyaman dan banyak lapangannya. Ini berkat dukungan semua pihak ” ungkapnya.

Ia menegaskan, merawat sarana olahraga itu sudah selayaknya dilaksanakan dengan rutin sehingga terpelihara dengan baik.

“Berhasil melaksanakan dengan baik, tempat tanding dan latihan. Tapi kita jangan lupa merawatnya. Saya minta Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga untuk mengelola stadion agar produktif dan terpelihara selamanya,” bebernya.

Berikut apresasi yang diberikan oleh Pemprov Jabar kepada para pengelola lapangan, Pemerintah Daerah, unsur institusi pendidikan hingga Pemerintah Pusat:

1. Pengelola Stadion Sepak Bola Si Jalak Harupat
2. Pengelola Stadion Sepak Bola Sidolig
3. Pengelola Stadion Sepak Bola Sport Jabar Arcamanik
4. Pengelola Stadion Sepak Bola IPDN
5. Pengelola Stadion Sepak Bola ITB
6. Pengelola Stadion Sepak Bola Unpad
7. Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung
8. Pemerintah Kota Bandung
9. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang
10. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (yan)

dialogpublik.com