Beragam Rencana Siswa Pelihara Ayam, Dari Dikembangbiakan Sampai Dimasak

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung telah membagikan anak ayam kepada sejumlah siswa. Selain menyambut antusias, para siswa ini sudah memiliki sejumlah rencana untuk ayam-ayam tersebut.

Seperti yang diutarakan oleh Nazril Muhamad Ibrahim bertekad ingin merawat ayamnya. Siswa kelas 5 SDN 274 Cempaka Arum ini bahkan ingin mengembangbiakan ayam peliharaanya.

“Seneng ini dikasih ayam. Mau diurus sampai gede. Semoga makin tambah dan gede lagi,” kata Nazril usai menerima ayam di Kolam Retensi Rancabolang, Kecamatan Gedebage, Kamis (21/11/2019).

Rencana berbeda diutarakan oleh Rabil Khairul Akbar, siswa kelas 7 SMPN 54 Bandung yang justru tak sabar menunggu ayam tumbuh dewasa. Sebab, dia ingin mencoba memasak ayam hasil peliharaannya sendiri.

“Pokoknya ya dikasih makan dan dirawat dengan baik, dikasih minum. Mau ‘dipasak aja’ kalau sudah besar,” ucap Rabil.

Sebelum penyerahan, para siswa sudah diberikan sosialisasi terlebih dahulu tentang tata cara mengurus hewan ternak. Untuk itu, siswa pun tak sabar untuk melakukan sendiri memelihara ayam.

“Ayamnya mau dirawat dengan baik. kandangnya harus aman, harus dibersihin biar nggak kotor sama pakai lampu biar terang juga,” kata Muhammad Salman, siswa SDN 274 Cempaka Arum.

Para siswi pun kebagian program ini dengan diberikan bibit cabai untuk dipelihara. Antusiasme siswi pun tak kalah dari para siswa yang tak sabar untuk melihat perkembangan tanaman cabai yang dirawatnya.

“Ini mau dirawat terus biar nanti bisa makin banyak. Kita rawat sebisa mungkin agar bisa bertahan lama juga tumbuhnya,” kata Nazwa Virginia, siswi SDN 274 Cempaka Arum.(DP)

dialogpublik.com