Begini Tips Belanja Mingguan Secara Hemat dan Aman

MENJELANG akhir bulan biasanya ada banyak hal yang dilakukan demi bisa menghemat. Mulai dari mengurangi jajan atau makan di luar. Sampai memangkas pengeluaran yang bukan prioritas. Selain mengurangi banyak hal, ada juga yang memilih menu makan harian dengan menu yang sederhana dan harganya murah.

Ada banyak usaha yang bisa dilakukan untuk bisa tetap berhemat. Tapi, yang lebih berpengaruh sebenarnya dengan mulai berhemat setiap minggu. Dengan menerapkan tips belanja hemat mingguan, bisa dijamin setiap bulan tidak perlu lagi memangkas banyak pengeluaran.

Tips Hemat Belanja Mingguan

1. Nikmati Promo Setiap Belanja

Sudah harus mulai diterapkan setiap akan belanja sayur atau daging di supermarket. Cari produk yang menawarkan diskon yang banyak. Sehingga Anda bisa mengurangi beban pengeluaran dan sisa belanja bisa digunakan untuk menabung. Lebih hemat.

Apalagi kalau setiap ingin belanja mingguan cek produknya di katalog promosi Ranch Market. Tentu bisa mendapatkan potongan lebih banyak. Apalagi sekarang ranch market sudah tersedia juga di Blibli. Jadi, buat Anda yang ingin membeli beberapa kebutuhan belanja mingguan, tinggal belanja aja di Blibli.

Kalau belanja di Blibli selain bisa mendapat promo yang besar. Juga bisa menghemat waktu dan lebih efisien dibanding belanja di keluar rumah. Kalau belanja di supermarket terkadang apa yang ingin dibeli bisa lebih banyak dari daftar yang ada. Kalau belanja di Blibli, sebelum checkout sudah kelihatan berapa total uang yang harus dikeluarkan. Setidaknya itu bisa jadi pesan untuk segera mengurangi belanjaan yang bukan prioritas.

2. Beli Karena Butuh

Tips belanja hemat mingguan selanjutnya adalah dengan belanja produk yang memang sangat dibutuhkan. Atau masuk ke dalam daftar prioritas. Biasanya produk yang masuk ke bagian prioritas ini adalah sayur dan buah-buahan. Terutama untuk dimasak setiap minggu. Jadi, pastikan Anda membeli suatu produk karena memang sedang membutuhkannya saat itu atau di minggu tersebut.

3. Food Preparation

Ini kegiatan yang sedang naik daun tapi memang trennya termasuk positif. Sebab, dengan menerapkan food preparation Anda bisa mengurangi membuang bahan makanan karena busuk atau rusak sebelum diolah.

Apalagi food preparation ini bukan sekadar menyimpan makanan dalam kotak saja. Tapi, memahami bagaimana cara menyimpan produk seperti sayur, buah dan daging. Sebab, ternyata cara penyimpanan masing-masing bahan makanan berbeda-beda. Tidak semua bisa dimasukkan ke dalam kulkas secara langsung. Jadi, pelajari cara food preparation yang baik dan benar.

4. Jangan Dibeli Meskipun Sedang Diskon

Tentunnya belanja saat ada diskon itu memang menyenangkan. Tapi, tidak semua barang atau produk bisa dibeli. Perhatikan juga produk apa yang akan dibeli, cek kembali apakah produk tersebut masih ada di lemari penyimpanan Anda.

Jangan sampai Anda justru menumpuk barang hanya karena tergiur diskon dan harga murah. Bukannya hemat justru malah jadi membuang uang. Apalagi kalau produk yang menumpuk tersebut berakhir di pembuangan sampah sebelum digunakan.

5. Pastikan Hitung Pengeluaran Dengan Cermat

Menghemat itu bukan berarti pelit. Tapi, justru mengatur keuangan bisa membuat Anda tidak perlu resah ketika tengah bulan atau istilahnya tanggal tua tiba. Sebab, dari pengaturan keuangan yang baik bisa membuat Anda tetap bisa belanja hemat setiap minggu karena Anda sudah mengaturnya dengan cermat.

Karena itu mengelola keuangan merupakan skill dasar yang sepertinya sudah harus bisa dikuasai oleh generasi masa kini. Agar terhindar dari drama tanggal tua. Dan bisa tetap happy belanja hemat setiap minggu.(***)

dialogpublik.com