Beberapa Makanan dari Bahan baku Singkong akan dipamerkan di KBB

SEJUMLAH makanan ringan berbahan baku singkong, akan ditampilkan pada Food Vaganza All About (Singkong) yang digelar Pemkab Bandung Bandung Barat, Kamis (25/7/2019) di Plasa Mekar Sari-Ngamprah. Rencananya, gelar produk yang diselenggarakan Bidang Agro Industri Kecil dan Menengah (IKM) Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melibatkan 20 IKM se-KBB.

“Kita akan menampilkan berbagai manakan berbahan baku singkong. Adapun Bagian Perekonomian, Fashion Show Batik,” hal itu diungkapkan Kepala Bidang Agro Industri Disperindag KBB Yopie Indrawan, Rabu (24/7/2019) di ruang kerjanya,

Menurutnya, olahan makanan berbahan baku singkong tersebut cukup beraneka ragam. Mulai dari makanan yang diolah secara tradisional seperti comro, misro, getuk, katimus hingga makanan yang pengolahannya telah berinovasi. Olahan kue berbahan baku singkong yang sudah berinovasi tersebut antara lain bolu, nugget, zupa-zupa dan lain-lainnya.

“Bahkan sampai hari inipun, mereka masih mencari-cari ide dan mencoba-coba inovasi baru. Alhamdulillah para IKM-nya pada antusias”, terang Yopie.

Gelar produk yang dikemas secara humanis tersebut lanjut Yopie, bukan sekedar memperkenalkan produk-produk unggulan IKM semata. Namun lebih ditekankan untuk mensosialisasikan tentang makanan pengganti nasi. “Makanya tematiknya, makanan berbahan baku singkong,”

Kebetulan bahan baku singkong di KBB cukup tersedia, terutama wilayah selatan. Harapannya tentu saja, potensi tersebut bisa dikembangkan dengan memberdayakan hasilnya. “Tujuan akhirnya untuk pemberdayaan ekonomi,” pungkasnya. (tries)

dialogpublik.com