Bazar Buku Big Bad Wolf resmi dibuka di Kota Makassar

BAZAR buku yang rencananya akan berlangsung dari 29 November sampai dengan 9 Desember 2019 tersebut, dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr, Directur Berita Metro TV, Don Bosco Selamun, Kepala KCU BCA Makassar, Ahmad Yani Toni Djajasaputra, Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, dan Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi.

Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi, mengatakan, sudah menjadi semangat Bazar Buku Big Bad Wolf untuk cipta kesadaran mengenai pentingnya mengenalkan budaya membaca sejak dini dengan memberikan akses buku-buku yang baik, bermutu dan terjangkau kepada masyarakat.

“Rendahnya minat baca tentu mempengaruhi tingkat intelektualitas masyarakat. Hal ini akan berdampak pada bagaimana masyarakat menanggapi suatu permasalahan atau isu yang tengah berkembang. Minimumnya wawasan dan keilmuan yang terbatas akan mengkerdilkan pola pikir sehingga mereka mudah dipengaruhi oleh berbagai doktrin dan pemahaman negatif,” ujar Uli. di Celebes Convention Center (CCC), Jum’at (29/11/2019).

Menurutnya, cara yang paling ampuh untuk mengatasi itu semua hanya satu, yaitu berliterasi. Dengan adanya Bazar Buku Big Bad Wolf ini kami mengajak masyarakat untuk lebih gemar membaca buku.

“Dengan banyak membaca, kita bisa menjadi kritis dalam menyikapi suatu kejadian dan tidak mudah termakan hoax karena buku adalah jendela dunia. Bazar Buku Big Bad Wolf hadir dengan misi untuk mencerdaskan bangsa. Minat membaca yang tinggi pun menjadi tidak berarti tanpa adanya tempat dan bahan bacaan yang menarik. Dan di dalam Bazar Buku Big Bad Wolf Makassar 2019 menghadirkan buku-buku yang menarik, unik dan jarang di temukan di tempat lain. Sebanyak 1.5 juta buah buku hadir dengan berbagai macam genre,” paparnya.

Turut di datangkan mulai dari buku anak-anak, seni, budaya, bisnis, arsitektur, memasak, fashion hingga deretan novel karangan penulis terbaik di dunia dengan diskon besar-besaran yakni 60 hingga 80 persen untuk semua buku internasional.

Seiring dengan perkembangan zaman, Bazar Buku Big Bad Wolf turut melakukan inovasi agar anak-anak usia dini lebih tertarik pada buku. Buku anak yang paling diminati dalam Bazar Buku Big Bad Wolf adalah buku ajaib. Buku ini merupakan salah satu terobosan terbaru yang menggabungkan teknologi dan literasi yaitu dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).

“Teknologi ini dapat menjadikan cerita dan pembelajaran anak-anak lebih interaktif serta lebih mengembangkan imajinasi. Terdapat 17 judul buku ajaib dan pada buku ajaib yang berjudul Ayo Sholat terdapat karakter menarik yaitu Alif untuk laki-laki dan Sofia untuk perempuan. Karakter ini mengajarkan anak-anak bagaimana cara berwudhu, tata cara sholat lima waktu, rukun shalat, bacaan doa yang dibaca di setiap rukunnya,” katanya.

buku1Selain itu, lanjut Uli, terdapat juga kejutan judul baru yaitu ABC Fun with Mickey dan 123 Counting Fun with Mickey yang hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia. Melalui Buku Ajaib, anak-anak dapat merasakan pengalaman unik menyaksikan karakter favorit mereka menjadi hidup. Dengan bantuan aplikasi yang di download secara gratis, anak-anak diajak untuk membaca, belajar, dan bermain seperti mewarnai halaman, menemukan objek tersembunyi, menikmati berbagai kreasi animasi, musik dan masih banyak lagi.

“Pada Bazar Buku Big Bad Wolf ini, kami juga ingin menggalakkan literasi berbasis entrepreneur, karena selain buku anak-anak, kami juga mempunyai buku-buku hobbi dan ketrampilan lain seperti memasak, otomotif, bisnis, menjahit dan juga berkebun. Selain sebagai wisata edukasi, Bazar Buku Big Bad Wolf juga menyediakan fasilitas penunjang seperti food court. Pengunjung yang hadir dapat menikmati makanan ringan, makanan utama hingga makanan penutup. Para pengujung yang hadir juga berkesempatan untuk pulang membawa lemari buku yang bisa di isi sendiri dengan buku BBW favorit mereka, dengan cara mengikuti kontes social media #FOTODIBBWMAK2019 dan #BARBUKBBWMAK2019 dan jadilah 20 pemenang cash voucher harian untuk masing-masing kontes<‘ terangnya.

Perlu untuk diketahui, tambah Uli, satu orang pemenang harian dari seluruh kontestan yang beruntung berhak untuk mendapatkan hadiah utama berupa satu lemari baru penuh buku-buku dari Bazar Buku Big Bad Wolf. Jadilah sebagian pemenang hadiah senilai Rp36 juta, total voucher BBW dan tote bag eksklusif dari Taylor Fine Goods (TFG) segera. Info lengkap cara mengikuti kontes bisa dilihat di highlight Instagram Stories (@bbwbooks_id) atau Facebook Page (@bbwbooksindonesia) offical BBW.

Sementara itu, Kepala KCU BCA Makassar, Ahmad Yani Tony  Djajasaputra mengatakan acara ini merupakan bentuk dukungan BCA untuk turut mendukung kegiatan kesadaran membaca buku pada generasi muda.

“BCA juga menawarkan beragam promo istimewa, antara lain voucher cashback hingga Rp500.000 untuk pembayaran dengan Kartu Kredit BCA dan Kartu Debit BCA dengan chip; diskon 50% untuk pembelian voucher BBW menggunakan Reward BCA; Paket Harga Khusus Nasabah BCA yakni beli 3 gratis 1 buku ajaib Augmented Reality dengan Kartu Kredit BCA, Kartu Debit BCA, Flazz, maupun Sakuku; Cicilan BCA 0% hingga 6 bulan; serta tambahan diskon 20% untuk judul buku pilihan. “Kami berharap masyarakat, khususnya generasi milenial Makassar, dapat memperluas cakrawala pengetahuannya melalui gelaran Big Bad Wolf. Mari kita rayakan literasi dengan penuh kegembiraan,” papar Tony.

Sekilas Tentang Big Bad Wolf Books

Bazar Buku Big Bad Wolf pertama kali diadakan di Kuala Lumpur pada tahun 2009. Buku-buku yang disediakan merupakan buku-buku baru yang dibeli langsung dari para penerbit internasional yang kemudian dijual ke seluruh penjuru dunia dengan diskon 60-80%.

Di Indonesia, Bazar Buku Big Bad Wolf dikelola oleh PT. Jaya Ritel Indonesia, dengan misi untuk membantu membentuk masyarakat gemar membaca serta mencerdaskan bangsa agar siap berkompetisi pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Bazar Buku Big Bad Wolf juga mengadakan kegiatan sosial “Red Readerhood” sebagai program dukungan untuk menyebarkan kegembiraan membaca bagi semua kalangan terutama bagi mereka yang membutuhkan.

Tahun lalu Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama Bazar Buku Big Bad Wolf telah membagikan ratusan buku kepada Perpustakaan Kabupaten Malang yang mendapatkan penghargaan lomba perpustakaan desa (perpusdes) tingkat nasional dan memberikan ratusan buku kepada Gereja Sangkakala Kowani, Perpusdes Gampingan Padak, Perpusdes Aqila, dan Putri Sampah di Bantar Gebang.

Bazar Buku Big Bad Wolf berkomitmen untuk bisa selalu memberikan dampak langsung kepada masyarakat Indonesia. Buku–buku yang didonasikan diharapkan dapat bermanfaat dalam memajukan pendidikan dan menjadi semangat baru untuk lebih gemar membaca. (DP)

Tags:

dialogpublik.com