Bangunan SMPN 1 Cicalengka Ambruk, Cecep: Data Bangunan Sekolah Tua…!

WAKIL Ketua Komisi D, Cecep Suhendar meminta, agar Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung secepatnya mendata bangunan sekolah yang sudah tua atau rapuh.

“Pendataan itu untuk menjaga jangan sampai terjadi lagi seperti SMPN 1 Cicalengka,” jelas Wakil Ketua Komisi D, DPRD Kabupaten Bandung, Cecep Suhendar yang dihubngi lewat telpon, Rabu (26/10/2022).

‘Ambruknya bangunan tersebut jangan sampai mengganggu kegiatan belajar mengajar (KBM) di SMPN l Cicalengka. Itu kan yang ambruknya cuma satu ruang kelas,” sambungnya.

Legislator Fraksi Golkar ini, memprediksi banyaknya bangunan sekolah yang sudah tua dan butuh bantuan rehab dari Pemerintah Kabupaten Bandun. Apalagi saat ini dalam keadaan cuaca ekstrim.

Menurutnya, untuk rehab sekolah jika mengandalkan dana APBD cukup terbatas, namun sebagai alternatif bisa mempergunakan dana on call yang ada di BPBD.

“Jadi Disdik dan BPBD segera melakukan asesmen, untuk membangun kembali kelas yang.ambruk di SMPN lCicalengka,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan, bangunan ruang kelas SMPN 1 Cicalengka, Kabupaten Bandung, ambruk pada Senin (24/10/2022) siang.

Sumber mengatakan,, bangunan itu ambruk diduga akibat usianya yang sudah tua dan lapuk. Bangunan tersebut dulunya difungsikan kelas, namun karena kondisinya sudah lapuk oleh pihak sekolah dijadikan gudang penyimpanan kursi dan meja.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung, Ruli Hadiana, saat mau diminta komrntarnya sulit dihubungi meskipun melalui telepon selularnya. (nk).

dialogpublik.com