Atlet Jabar Sumbang 134 Medali Kuningan 7 Medali APG X Di Solo

KONTINGEN Indonesia tampil sebagai juara umum pada Asean Paragames (APG) XI Tahun 2022, yang ditutup resmi oleh Presiden RI Joko Widodo di Stadion Manahan Surakarta Solo, Jawa Tengah, yang digelar  30 Juli – 6 Agustus 2022.

Kontingen Indonesia meraih 425 medali  terdiri dari 175 medali emas, 144 perak, dan 106 perunggu.

Ketua Umum National Paralympic Commite Indonesia (NPCI) Jawa Barat Supriatna Gumilar, dalam siaran Persnya menjelaskan, para atet asal Jawa Barat  berkontribusi menyumbang 134 medali.

“Kita bersyukur pada penyelenggaraan APG XI ini Indonesia berhasil mendulang medali emas bahkan melampaui target. Pada awalnya kita hanya mentargetkan 104 emas, tetapi pada kenyataanya melesat jauh, bahkan sukses hingga memperoleh 175 medali emas. Dari akumulasi perolehan medali, sebagai juara umum Indonesia meraih total 425 medali, diantaranya 134 medali  merupakan sumbangan dari para atlet asal Jabar,” ungkap Supriatna.

Dikatakan, Jawa Barat yang mengirimkan atlet sebanyak 54 orang, dan 26 orang official serta pelatih pada perhelatan bertemakan ‘Striving for Equality’ itu dengan gemilang merebut 134 medali, terdiri atas  64 medali emas, 39 medali perak, dan 31 perunggu.

Sementara itu, Pengurus MPCI Kabupaten Kuningan Haris Munandar menjelaskan,  pihaknya turut berbangga hati, karena para atlet asal Kabupaten Kuningan juga turut memberikan kontribusi serta mengantar  Indonesia tampil sebagai juara umum.

Para peraih medali asal Kuningan itu, kata Haris, diantaranya Tita Puspitasari Paralimpian Catur Tuna Netra berhasil merebut 3 medali emas, dan 1 perak. Dengan rincian, medali emas dari catur putri perorangan, standar putri beregu dan catur cepat beregu, sedangkan perak diraih dari catur cepat beregu.

Sementara cabang atletik, Insan Nurhaida Paralimpian Atletik kelas T 36 meraih 2 medali perak, dan 1 perunggu.

“Medali perak diperoleh Insan dari nomor 100 meter, dan 200 meter putri, sedangkan perunggu diraih dari nomor lari 400 meter,” terang Haris. (H. WAWAN JR)

dialogpublik.com