“Roeang Kita UMKM Festival 2024”

DALAM rangka memperingati Hari Oeang Republik Indonesia (HORI), Kementerian Keuangan Provinsi Jawa Barat menghadirkan “Roeang Kita UMKM Festival 2024” di halaman Gedung Sate, Sabtu-Minggu, 26-27 Oktober 2024.

Kepala Perwakilan Kemenkeu Jabar, Kurniawan Nizar menyebut, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong UMKM Jawa Barat agar semakin kompetitif di pasar global melalui berbagai program pemberdayaan seperti pembinaan, pelatihan, hingga pemasaran.

“Festival Roeang Kita 2024 hadir untuk memberikan informasi terhadap peran dan fungsi Kementerian Keuangan di daerah yang pada kesempatan kali ini kami dapat mempromosikan 200 UMKM asal Jawa Barat,” ujarnya.

Festival ini menampilkan sekitar 200 booth UMKM terpilih dari berbagai wilayah Jawa Barat. Beragam produk lokal, termasuk makanan, minuman, fesyen, kerajinan tangan, hingga produk kecantikan, hadir untuk memanjakan pengunjung.

Selain itu, acara dimeriahkan dengan berbagai kegiatan interaktif, mulai dari olahraga, pertunjukan seni, hingga edukasi dan sosialisasi, termasuk kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM untuk memperluas pasar dengan bertemu calon pembeli dari luar negeri yang turut diundang.

Harapannya, interaksi langsung dengan pelaku usaha internasional ini dapat membuka wawasan UMKM lokal dan memberikan dukungan nyata bagi perekonomian daerah.

“Para pelaku UMKM juga diberikan wawasan mengenai potensi dan peluang di pasar internasional, sehingga mereka dapat memahami dinamika dan kebutuhan pasar global,” kata Nizar.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyambut baik Festival Roeang Kita. Acara ini diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi UMKM untuk membuka peluang lebih luas baik di dalam negeri maupun di pasar global.

“Kami kita mendorong kegiatan ini agar UMKM yang mikro menjadi menengah, menengah juga menjadi lebih besar lagi, dan pada akhirnya akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang bekerja di sektor UMKM ini,” kata Bey.

Sebagaimana diketahui, Festival Roeang Kita masih berlangsung hingga besok, Minggu 27 Oktober 2024. Jangan lewatkan keseruannya! (ray)