5.000 Bibit Pohon Siap Ditanam Dilahan Kritis

MEMPERINGATI Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan menggelar Video Converence Penanaman Pohon secara serentak se-Indonesia, di wilayah Kodim 0615/Kuningan dipusatkan di Desa Sukaraja, Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan, Senin (28/11/2022).

Video converence penanaman pohon secara serentak ini, dihadiri oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, Forkopimda Kuningan, Kapolres, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua Pengadilan Negeri, Wakil ketua DPRD Kuningan dan sejumlah SKPD yakni, Kerala Kemenag Kuningan, Kadis Pertanian, Kadis LH, Kepala CDK Wil III Kab. Kuningan dan Persit KCK cabang XXXI Kodim 0615/Kuningan.

Penanaman pohon dilakukan serentak se-Indonesia khusus Provinsi Jawa Barat ini, disaksikan langsung Wagub Jabar H Uu Ruzhanul Ulum dan Pangdam III/Slw melalui saluran Video Conference.

Penanaman Pohon dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama dan para pejabat Forkopimda ditandai menanam Pohon Cengkeh.

“Penanaman pohon secara serentak ini, tutur Dandim Bambang Kurniawan, dilaksanakan dalam rangka pembinaan lingkungan hidup di wilayah Kodim 0615 Kuningan. Selain itu, sebagai upaya melestarikan tanaman untuk kepentingan umum serta memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Tujuan dari kegiatan HMPI ini adalah, bagaimana kepedulian kita terhadap lingkungan, untuk keberlangsungan kehidupan manusia di dunia ini, hal ini dilakukan semata-mata untuk kesejahteraan dan pelestarian dari alam itu sendiri, tutur Dandim.

“Saya berharap tidak hanya sekedar menanam pohon tetapi lebih penting lagi bisa merawat kemudian bisa tumbuh dengan subur,” ungkapnya.

Harapan senada disampaikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, melalui penanaman pohon ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat sekitar. Selain itu, pihaknya berharap tanaman dan pohon yang telah ditanam ini dapat diberdayakan oleh masyarakat sekitar, sehingga dapat membantu mereka dalam meningkatkan perekonomian dan kualitas hidup mereka secara tidak langsung.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon ini, sebagai bentuk kecintaan terhadap lingkungan dan upaya untuk melestarikan alam. Menanam pohon merupakan salah satu upaya nyata untuk menyelamatkan keberlanjutan manusia pada generasi selanjutnya, ” terang Acep.

Sementara itu, Pemkab Kuningan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kuningan telah menyiapkan 5000 pohon, di antaranya Pohon Cengkeh sejumlah 1.000 bibit di Desa Sukaraja Kecamatan Ciawigebang, Pohon Kelapa 1.000 bibit di Desa Padarama Kecamatan Ciawigebang, Pohon Endemik Gunung Ciremai sejumlah 2.000 bibit (Sonokeling, Kijamuju Kidamar, Djuet, Salam dan Kipas desa) di blok Palutungan Desa Cisantana dan Pohon Mangga 1.000 bibit di Desa Citundun Kecamatan Ciwaru. (H WAWAN JR)

dialogpublik.com