17 Atlet Kuningan Siap Wujudkan Jabar Kahiji PON XX Papua

SEBANYAK 17 atlit asal kabupaten Kuningan dari 6 cabang olahraga, menyatakan siap mewujudkan Jabar kahiji pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang dijadwalkan berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 di Provinsi Papua.

Latihan terus rutin dilakukan baik fisik maupun teori dan teknik, dengan target meraih prestasi terbaik, sehingga membawa nama harum Jawa Barat khususnya Kuningan. Dari 17 atlit tersebut, meliputi enam cabang olahraga (cabor) yaitu Atletik, Tinju, Wushu, Sepakbola, Pabersi (angkat berat) dan Renang (loncat indah). Untuk cabor atletik mengirimkan tujuh atlet yakni Alif M Baskar (nomor loncat galah putra), Ika Puspa Dewi (lompat jangkit putri dan loncat tinggi putri), Eki Febri Ekawati (tolak peluru putri), Tresna Puspita Gusti Ayu (lemparcakram putri) sementara Ulfa Silfiana, (lari 200 meter, 400 meter, nomor lari 4 x 100 meter dan 4 x 400 m putri), Umar Wira (nomor lari 4 x 400 m putra) dan Fahri Suriansyah, nomor lontar martil putra. Ketujuh atlet tersebut, sudah mengikuti pelatda PON Jawa Barat yang berlatih di Bandung maupun Jakarta.

Sedangkan cabor tinju diwakili Walmer Pasiale dan Ajeng Syifa Silvia. Cabor wushu diwakili Mutia Azela di kelas Toya, cabor Renang loncat indah diwakili Aryanto Saputra, Cabor angkat berat ada empat atlet yakni Fitriana Martiningsih kelas 84+kg, Susi Susanti kelas 52 kg, Maria magdalena kelas 84 kg dan Asep Nurdin kelas 120 kg.

Sementara itu, dua Atlit memperkuat tim sepakbola jabar yakni Rio Hardianto dan Supriatna. ” Jadi, total dari 6 cabor 17 atlet. Mudah mudahan mereka bisa berprestasi dan membawa harum nama Kuningan di tingkat nasional, “tutur Ketua KONI Kuningan H.Enay Sunaryo didampingi Kabid Media Humas Koni Toto Santoso, Kamis (30/9/2021).

Menurut H Enay Sunaryo, untuk cabor Atletik Koni Jawa Barat mempercayai Bupati Kuningan H. Acep Purnama sebagai Ketua Manajer Tim Atletik untuk PON XX di Papua. Penunjukan tersebut, karena selama ini Koni Jawa barat menjadikan Kuningan sebagai “kiblat” nya atletik Jabar dan pernah dibuktikan dalam cabor atletik. Kuningan merebut sebagai juara umum dengan mengumpulkan 13 medali emas, 10 medali perak dan 5 perunggu pada porda 2018.

Saat itu Kuningan menempati 10 besar jawa barat atau tepatnya peringkat ke-9. Pelaksanaan PON XX di Papua itu, secara umum tgl 2 s/d 15 Oktober 2021, tetapi sudah biasa ada beberapa Cabor yang sudah melakukan melakukan pertandingan. Menurut rencana, Kontingen Jabar telah dilepas gubernur menuju Papua pada 27 September 2021.

Sementara venue pertandingan atlet Kuningan antara lain, di kota Jayapura Cabor angkat berat (Pabersi) di Auditorium Uncen dan Tinju (Pertina) di GOR Cendrawasih Apo. Untuk sepakbola putra di Stadion Bamabas Youwe dan loncat indah di kolam renang loncat indah stadion Aquamatik Kampung Harapan Kabupaten Jayapura. Sedangkan Cabor atletik di Stadion Mimika Sport Centre dan Alun alun Kencana (marathon dan jalan cepat) Kabupaten Mimika. Dan wushu di GOR Futsal Dispora Kabupaten Merauke. Mohon doa restu dari warga Jawa Barat semoga kontingen Jabar kembali raih prestasi gemilang sebagai juara umum, harap H Enay Sunaryo. (H WAWAN JR)

Categories: Olahraga

dialogpublik.com